Peduli Akses Kesehatan
axel wiryanto
Sunday, 12 May 2024 01:47 am
dibaca 78 kali

DENGAN akan digelarnya pemilihan kepala daerah pada 27 November mendatang, kita berharap kepada setiap pasangan calon untuk memiliki visi dan misi yang jelas pada akses kesehatan. Bidang ini harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah.
Selama ini kita sering melihat bahwa akses kesehatan saat ini belum mampu dijangkau oleh semua kalangan. Kita masih sering melihat kejadian masih adanya rakyat yang belum memahami mengenai digitalisasi ataupun modernisasi akses kesehatan.

Kondisi ini membutuhkan edukasi lebih mendalam lagi kepada seluruh kalangan masyarakat. Untuk itu pemerintah harus hadir dalam menangani masalah tersebut.

Sejatinya, kehadiran kartu kesehatan masyarakat sangatlah membantu.

Hanya saja masih banyak juga yang belum terwadahi karena berbagai faktor, seperti minimnya pemahaman mengenai akses tersebut. Sebut saja contohynya, masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui cara menangani bila BPJS tertunggak.
Hal ini tentunya membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah agar memberikan edukasi dan menginisiasi program yang efektif dalam penanganan akses kesehatan itu. Dengan begitu, akses kesehatan ke depannya diharapkan lebih mempermudah masyarakat. Negara dapat mengambil referensi di berbagai negara yang menerapkan langkah-langkah taktis dan praktis dalam penanganan akses kesehatan seperti Turki, Brunei, dan Singapura. Negara tersebut sangat maju dalam penanganan kesehatan.
Kesehatan masyarakat merupakan hal yang harus dijamin oleh pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Akses kesehatan memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi dan indeks pembangunan manusia juga meletakkan kesehatan sebagai salah satu komponen utama pengukuran, selain pendidikan dan pendapatan.

Karena itu ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan menjadi kebutuhan penting dalam pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat, dan memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat, sekaligus untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.
Keberadaan sarana dan prasarana kesehatan juga amatlah penting lantaran fasilitas kesehatan dapat membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap program-program kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Fasilitas kesehatan juga dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Sebagai warga masyarakat tentunya kita berharap agar setiap paslon pada kontestasi pilkada memiliki visi dan misi yang kuat pada akses kesehatan yang dapat menjangkau semua kalangan. (yus)

source