PAUD di Gowa Terapkan Pola Holistik Integratif
axel wiryanto
Saturday, 25 February 2023 14:54 pm
dibaca 127 kali

GOWA, BKM — Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Gowa mulai menerapkan pola Holistik Integratif (HI). Hal ini untuk mewujudkan pendidikan berkualitas yang akan membentuk anak usia dini tumbuh dan berkembang secara optimal, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

Penerapan pola Holistik Integratif ini, juga sebagai upaya menindaklanjuti terbitnya pedoman pelaksanaan PAUD HI dan rencana aksi nasional PAUD HI 2020-2024.
Juga telah ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan menerbitkan panduan penyelenggaraan PAUD HI yang akan segera direalisasikan.
Bunda PAUD Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, mengatakan, di Gowa terdapat 41 PAUD yang telah menerapkan HI.

Istri bupati Gowa ini juga mengatakan, pengembangan PAUD HI di Kabupaten Gowa juga telah diintegrasikan ke sekolah-sekolah yang ada di sekitarnya.
Pola PAUD HI menitikberatkan pada layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan gizi, layanan keamanan, dan layanan kesejahteraan.
”Kita sudah melaksanakan PAUD HI di 41 sekolah. Kemudian mereka mengintegrasikan ke sekolah-sekolah yang ada di sekitarnya,” kata Priska, Kamis (23/2).
Untuk mewujudkan PAUD Holistik Integratif, kata Priska, perlu melibatkan banyak pihak. Baik lintas sektor pemerintahan dan para pemangku kepentingan yang tergabung dalam semua wadah, yaitu gugus tugas PAUD HI mulai tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten dan kota.

”Khusus di Gowa, kita libatkan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Sosial, IGTKI, HAMPAUDI dan Pokja PAUD,” jelas Priska.
Terpisah, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Gowa, Harianti, mengatakan, terkait gugus tugas PAUD HI, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pun telah menandatangani SK Gugus Tugas PAUD HI yang di dalamnya ada beberapa OPD terkait secara tidak langsung bertanggungjawab terkait proses PAUD HI.
”Pak bupati sudah menandatangani SK gugus tugas PAUD HI yang didalamnya ada beberapa OPD terkait yang secara tidak langsung bertanggungjawab terkait proses PAUD HI yang dimana menjamin terpenuhinya kebutuhan esensial anak yaitu layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan gizi, layanan keamanan dan layanan kesejahteraan,” papar Harianti.
Dengan dibentuknya PAUD HI ini, tambah Harianti, maka guru-guru PAUD telah menjamin anak-anak yang ada di lembaganya mendapatkan enam layanan holistik integratif tersebut. (sar)

The post PAUD di Gowa Terapkan Pola Holistik Integratif appeared first on Berita Kota Makassar.

source