Parpol Mulai Kerucutkan Nama Capres
axel wiryanto
Saturday, 09 July 2022 01:20 am
dibaca 251 kali

MAKASSAR, BKM–Sedikitnya sudah ada tujuh partai politik (Parpol) telah mengajukan nama bakal calon Presiden yang akan bertarung pada pemilihan presiden (Pilpres) yang akan digelar 14 April 2024 mendatang.
Partai Nasdem yang dikomandoi Surya Paloh telah mengajukan tiga nama, masing-masing Anies Rasyid Baswedan, Andika Perkasa serta Ganjar Pranowo.
Partai Golkar lebih awal memutuskan ketua umum Airlangga Hartarto sebagai calon Presiden, sedangkan Partai Demokrat juga fokus mengajukan nama sang ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon Wakil Presiden.
Dua partai besar yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra belum bisa memastikan siapa yang akan diajukan, baik sebagai calon Presiden maupun Wakil Presiden.

Namun elit PDIP hingga saat ini tetap mempersiapkan Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI sebagai calon Presiden, sedangkan ketua umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto belum memberikan kepastian apakah dirinya akan maju di Pilpres atau partainya berkoalisi dengan parpol lain.
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga tetap mempersiapkan sang ketua umum Muhaimin Iskandar sebagai calon Presiden atau calon Wakil Presiden.
Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini tengah menjaring enam nama calon, diantaranya sang ketua umum Zulkifli Hasan, Anies Rasyid Baswedan serta Erick Thohir. PAN bersama Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lebih awal telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatua (KIB).
Jika Golkar dan PAN mulai sebut nama, maka PPP belum menyebut nama.
Adapun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga telah menjaring nama bakal calon Presiden dan Wakil Presiden diantaranya Salim Seggaf Al Jufri, Anies Baswedan serta Andi Amran Sulaiman.

The post Parpol Mulai Kerucutkan Nama Capres appeared first on Berita Kota Makassar.

source