Site icon ROVINDO

ODHA di Makassar 15 Ribu, 65 Anak Jalani Terapi

MAKASSAR, BKM — Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Sulawesi Selatan saat ini jumlahnya mencapai 26 ribu orang. Angka tersebut merupakan akumulasi kasus sejak tahun 2005.

Koordinator Pengelola Program di Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Sulsel Andi Akbar Halim mengungkapkan, ODHA terbanyak di Kota Makassar. Jumlahnya mencapai 15 ribu orang. Paling banyak, mereka tertular akibat transmisi seksual.

“Tiap tahun ada 600-700 kasus baru di Sulsel dan sudah masuk ke semua populasi,” ungkap Andi Akbar usai Diskusi Forum Jurnalis Sulsel Peduli HIV/AIDS bersama Pokja Media KPAP Sulsel, di Rumah Kopi Aroeng, Jumat (19/8).

Menurut Andi Akbar, selama ini banyak yang beranggapan jika mereka yang terinfeksi HIV/AIDS hanya kalangan tertentu. Padahal, di semua kalangan ada, termasuk anak-anak.

“Di Makassar saat ini tercatat 62 anak menjalani terapi akibat mengidap HIV/AIDS. Ini yang tercatat,” ujarnya.

Dikatakan, perlu upaya serius dari semua stakeholder terkait agar stigma terhadap pengidap HIV/AIDS bisa dihilangkan. Masyarakat harus diberikan pemahaman bahwa penularan HIV/AIDS tidak semudah penyakit menular lainnya.

Selain itu, lanjut Andi Akbar, perilaku positif di kalangan generasi muda harus terus dikampanyekan. Untuk mencegah penularan HIV/AIDS, maka ada tiga cara yang harus dilakukan. Pertama, laki-laki dan perempuan yang belum menikah tidak melakukan hubungan seks. Kedua, laki-laki dan perempuan yang sudah menikah, harus setia pada pasangannya. Ketiga, adalah penggunaan kondom.

The post ODHA di Makassar 15 Ribu, 65 Anak Jalani Terapi appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version