Nasi Tempong De’ Tempong Pertama di Makassar
axel wiryanto
Thursday, 18 January 2024 23:22 pm
dibaca 87 kali

MAKASSAR, BKM — Ingin menikmati makanan nasi Tempong yang sehat dan enak. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali. Apalagi sampai ke daerah asalnya di Banyuwangi, Jawa Timur.
Karena di Kota Makassar sendiri, nasi Tempong ini telah hadir di De’ Tempong Hasanuddin, Jalan Sultan Hasanuddin.

Nasi Tempong di De’ Tempong Hasanuddin hadir dalam dua macam. Yakni nasi Tempong Ayam dan nasi Tempong Ikan Nila.

”Untuk nasi Tempong Ayam juga tersaji dalam dua macam. Yaitu ayam kampung dan ayam biasa,” kata owner De’ Tempong Hasanuddin, Vivi Anna, kepada wartawan di tempat usahanya, Selasa (16/1).
Sejak dibuka pada pertengahan tahun 2023 lalu, nasi Tempong De’ Tempong Hasanuddin telah mendapat tempat di hati para pecinta kuliner Makassar maupun luar Kota Makassar.

Terutama para penikmat nasi Tempong. Nasi Tempong De’ Tempong Hasanuddin adalah nasi Tempong pertama di Kota Makassar.

”Kami sangat bersyukur. Meski De’ Tempong Hasanuddin baru beberapa bulan kami buka, tapi konsumen kami terus bertambah.

Konsumen kami tidak saja dari kalangan dewasa, tapi banyak juga dari kalangan remaja. Selain makan di tempat, kami juga melayani pesanan. Untuk pesanan sendiri sudah cukup banyak. Baik dari perusahaan, instansi pemerintah, maupun masyarakat umum lainnya,” kata Vivi.
Nasi Tempong di De’ Tempong disajikan secara higienis. Dimana, aneka sayuran yang menjadi pelengkap, seperti bayam, labu siam, terong, dan mentimun, diolah dengan cara dikukus. Sehingga kandungan vitamin maupun zat-zat yang dibutuhkan tubuh yang ada di dalamnya tidak berubah.
”Kami menyajikan nasi Tempong tanpa menggunakan MSG (Monosodium Glutamate) atau vetsin. Tapi hanya penyedap rasa. Dengan diolah secara khusus, membuat aroma dan rasanya menyerap hingga ke dalam,” tutur Vivi.
Menurut Vivi, mengonsumsi Nasi Tempong di De’ Tempong Hasanuddin terbilang sehat. Karena selain aneka sayuran yang dikukus, juga terdapat tahu dan tempe goreng, serta ikan kering.

”Satu lagi pelengkap dari nasi Tempong De’ Tempong yang bakal makin menggugah selera para penikmatnya adalah sambelnya.

Selain pedasnya yang wah, juga aromanya yang khas. Apalagi dilengkapi jeruk purut,” tutur Vivi.
Vivi juga mengakui, nasi Tempong termasuk makanan menyehatkan. Karena aneka sayurannya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti bayam, untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung, terong sebagai antioksidan dan mencegah kanker. Labu siam untuk imunitas dan fungsi jantung, serta mentimun untuk menurunkan tekanan darah. Ada pula tahu dan tempe goreng yang dapat mengurangi gejala menopause dan osteoporosis, serta ikan asin yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang.
Soal harga, kata Vivi, cukup ramah di kantong. Untuk Nasi Tempong Ayam Goreng dibanderol seharga Rp34 ribu, Nasi Tempong Ayam Kampung Rp38 ribu, Nasi Tempong Ikan Nila Rp42 ribu. Semua menu nasi Tempong ini sudah termasuk es teh atau puding.
”Kami juga melayani pemesanan dengan minimal order 20 boks. Untuk pemesanan bisa menghubungi 085256002715,” tutup Vivi dengan penuh semangat. (mir)

source