Musibah Longsor Melanda Desa Gattarang
axel wiryanto
Wednesday, 06 March 2024 06:58 am
dibaca 89 kali

SINJAI, BKM — Musibah tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Sinjai. Peristiwa alam itu terjadi saat curah hujan tinggi pada Minggu (3/3) sekitar pukul 05.30 Witga. Informasi Pusdalops BPBD Kabupaten Sinjai menyebutkan peristiwa tanah longsor terjadi di Desa Gattarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

Analisis Kebencanaan BPBD Sinjai Andi Otave Amir menjelaskan penyebab longsor akibat volume hujan cukup tinggi yang berdampak pada gorong gorong yang ada di bawah jalan tak mampu menampung debit air hingga meluap naik ke jalan, kemudian longsor susulan terjadi yang meluluhlantakkan bronjong penahan tebing hingga Ambruk begitu pun kondisi 1/2 badan jalan amblas.
Adapun kondisi lokasi separuh badan jalan mengalami longsor sepanjang 25 meter dengan ketinggian 10 meter, Bronjong Penahan tebing Ambruk dan juga jalur Lalulintas terganggu. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pihak BPBD Sinjai melakukan upaya dengan melaporkan kejadian ini ke Pusdalops Provinsi dan BNPB, kemudian berkoordinasi denga Kasat Lantas Polres Sinjai untuk pemasangan Police Line dan tanda peringatan pada upengguna jalan, selain itu mengimbau pengguna jalan agar berhati hati melintasi area tersebut karena di khawatirkan terjadi longsor susulan.
Sebelumnya longsor terjadi di Kabupaten Luwu, longsor di wilayah itu menelan sejumlah warga, belum lama ini juga Pj Gubernur Bahtiar telah mengeluarkan imbauan kepada warga untuk berperan aktif melakukan gotong royong guna mengantisipasi musibah alam di musim penghujan. (din/C)

source