Meriah Festival Kearifan Lokal di SMA Katolik
axel wiryanto
Tuesday, 29 November 2022 04:17 am
dibaca 201 kali

MAKASSAR, BKM — Festival Kearifan Lokal digelar Yayasan Paulus Makassar di SMA Katolik Cenderawasih, Jalan Cenderawasih Makassar, Sabtu, (25/11). Festival Kearifan Lokal ini sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai Inti (P5BNI) seperti yang tertuang dalam kurikulum Merdeka.

Koordinator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai Inti (P5BNI), Maria Immaculada, dalam laporannya mengatakan, Festival Kearifan Lokal merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Ada 109 siswa yang terlibat dalam festival ini. Mereka dibagi menjadi 15 kelompok. Ada kelompok yang mengembangkan kearifan lokal jenis makanan dan minuman khas Sulawesi Selatan, ada kelompok yang menampilkan drama khas lokal, ada kelompok yang menampilkan tarian tradisional, dan kelompok yang membuat miniatur Kapal Phinisi dan Rumah Tongkonan.

”Kegiatan ini tentunya akan membuat siswa semakin kreatif dan semakin mengerti nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Indonesia, khususnya di Sulaweai Selatan,” ucap Maria.
Maria juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dan berkat kolaborasi yang baik antara guru dan siswa serta orangtua. Dengan persiapan hanya dua bulan, acara ini bisa berlangsung dengan sangat meriah.
Kepala SMA Katolik Cenderawasih, Fr. Dionisius Kayus Abi, CMM, mengatakan, SMA Katolik Cenderawasih adalah salah satu sekolah yang mendukung program penerapan Kurikulum Merdeka. Karena berbasis nilai inti yang sama dengan visi dan misi Yayasan Paulus Makassar, yaitu Unggul, Kreatif, Kasih dan Misioner.

The post Meriah Festival Kearifan Lokal di SMA Katolik appeared first on Berita Kota Makassar.

source