Menkes Ground Breaking RS UPT Vertikal Makassar
axel wiryanto
Thursday, 02 February 2023 10:47 am
dibaca 283 kali

MAKASSAR, BKM — Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar ground breaking Rumah Sakit (RS) UPT Vertikal Makassar di Kawasan CPI Makassar, Selasa (31/1).
Acara peletakan batu pertama ini dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Aswan Usman menyampaikan pemerintah pusat telah mencanangkan dua rumah sakit OJK (otak, jantung dan kanker) terbesar.

Satu di Surabaya yang telah ground breaking sejak Desember 2022 lalu. Kemudian yang kedua di Makassar.
Rumah sakit ini merupakan RS otak, jantung dan kanker terbesar di Indonesia Timur.

“Ini proyek prestisius buat pemerintah kita,” ucapnya kepada wartawan.
“Beberapa sih kita bangun tapi itu bukan semegah ini, ada di papua, Kupang terus nanti juga ada di Riau tapi tidak semegah yang di Surabaya dan Makassar. Dan ini merupakan proyek yang benar-benar menjadi atensi dari pusat,” tuturnya.

Pembangunan RS ini ditargetkan selesai bulan enam tahun 2024 mendatang.
“Ini diharapkan selesai sebelum pak Jokowi turun.

Jadi Insya Allah setelah tahun depan nanti tahun 2024 pak gubernur, perkiraan kita bulan 6 berkenan nanti. Ini kita sudah ada upaya percepatan,” jelasnya.
Pembangunan fisik RS ini murni menggunakan APBN sebesar Rp1,4 Triliun dengan sistem multiyears. Diluar alkes Rp600 miliar.

“Anggaran full APBN, multiyears Rp1,4 triliun dikontrak. Itu sudah melalui proses yang panjang. Belum termasuk alkesnya, sekitar Rp600 Miliar,” tambah dia.
Dengan kehadiran RS ini diharapkan untuk memutus mata rantai pasien keluar dari Indonesia Timur.
Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pembangunan ini sesuai dengan janji pemerintah tahun lalu bahwa akan membangun RS OJK, kerjasama antara Pemprov dengan Kementerian.

The post Menkes Ground Breaking RS UPT Vertikal Makassar appeared first on Berita Kota Makassar.

source