Site icon ROVINDO

Mayoritas Cakada Dukung Andalan Hati

MAKASSAR, BKM — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) punya amunisi luar biasa bertarung di pilgub Sulsel 2024.
Selain dukungan dari berbagai partai politik, ternyata banyak juga calon kepala daerah (cakada) yang siap all out memenangkan pasangan calon nomor urut dua tersebut. Bahkan hampir semuanya pada setiap kabupaten/kota di Sulsel mereka solid mendukung Andalan Hati.
Dukungan dari banyak cakada itu bisa dilihat dalam berbagai kegiatan kampanye yang dilakukan Andalan Hati. Hampir dari setiap mereka, yaitu calon bupati maupun wakilnya selalu hadir. Seperti saat Andi Sudirman Sulaiman (ASS) berkampanye di Kabupaten Bulukumba.

Di sana hadir dua perwakilan cakada, yaitu calon wakil bupati Bulukumba nomor urut dua HA Edy Manaf dan Arum Spink, ketua tim pemenangan paslon nomor urut satu Jamaluddin M Syamsir-Tomy Satria Yulianto.
Tidak hanya di Bulukumba, pada hari yang sama saat berkunjung ke Takalar juga terlihat suasana demikian. ASS menyapa warga dengan didampingi calon bupati Takalar nomor urut satu Mohammad Firdaus Daeng Manye dan calon bupati Takalar nomor urut dua Syamsari Kitta.
Begitupun dengan daerah-daerah lainnya. ASS maupun Fatmawati Rusdi selalu disambut penuh antusias oleh cakada yang mendukungnya di pilgub Sulsel 2024.
Bahkan, di luar dari kampanye langsung yang dilakukan ASS dan Fatmawati Rusdi, cabup dan wakilnya melakukan hal sama. Tidak pernah lupa untuk mengajak pendukungnya untuk memilih Andalan Hati di pilgub Sulsel.

Ajakan memilih Andalan Hati salah satunya disampaikan calon bupati Wajo H Amran Mahmud di Desa Pasir Putih, Kecamata Bola pada Kamis (3/10). Amran dalam kesempatan itu mengajak ratusan warga untuk mencoblos nomor dua di pilbup Wajo dan pilgub Sulsel 2024.
Juru Bicara Andalan Hati Muhammad Ramli Rahim (MRR) mengatakan, dukungan cakada di level kabupaten/kota adalah gambaran kondisi nyata dukungan rakyat terhadap calon gubernur. Mereka boleh berbeda pilihan di pilbup maupun pilwali, namun tidak untuk pilgub.
“Alhamdulillah, hingga hari ini, belum ada satupun cakada kabupaten/kota yang menyatakan sikap berseberangan dengan Andalan Hati,” kata MRR, Sabtu (5/10).
“Kalaupun ada itu hanya di Makassar. Ada satu dari empat calon yang mungkin tidak mendukung Andalan Hati di pilgub Sulsel 2024,” tambah dia.
Menurut MRR, dukungan cakada yang didapatkan Andalan Hati patut disyukuri. Mereka punya basis suara dukungan warga di kabupaten/kota yang bisa untuk memenangkan pilgub Sulsel 2024.
“Ini adalah kekuatan besar untuk mememenangkan pilgub yang harus disyukuri, karena semua itu pasti hadir karena keberkahan Allah Swt,” pungkasnya.

Akses Listrik di Pulau

Masyarakat pulau dan pedesaan harus mendapatkan fasilitas yang sama diberikan pemerintah kepada warga di perkotaan. Hal itu sangat penting demi terwujudnya pembangunan yang adil untuk semua.
Pasangan Andalan Hati sadar akan hal itu. Oleh karenanya, keduanya telah menyiapkan sejumlah program yang nantinya akan dikerjakan jika terpilih di Pilgub Sulsel 2024.
Juru Bicara Andalan Hati Muhammad Ramli Rahim (MRR) mengatakan, ASS selama ini telah menunjukkan kepeduliaannya kepada masyarakat pulau ketika masih menjadi gubernur Sulsel periode lalu.
“Beliau telah membangun penerangan jalan umum tenaga surya di Pulau Samalona, serta mengupayakan layanan penyediaan listrik dari 16 jam/hari menjadi 24 jam/hari di Pulau Lae-Lae di tahun 2022, meskipun masih menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD),” ujarnya, Sabtu (5/10).
Selain itu, ASS juga telah memberikan bantuan pasang baru listrik PLN secara gratis untuk masyarakat kurang mampu di pulau utama. Hal itu telah berlangsung sejak tahun 2022 dengan sasaran sebanyak 347 RT.
“Program tersebut memang dijalankan untuk meningkatkan akses listrik di wilayah pedesaan yang belum terjangkau oleh jaringan listrik konvensional,” jelas MRR.
MRR mengungkapkan, ke depannya Andalan Hati akan terus meningkatkan akses listrik kepada masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) dan kepulauan. Penggunaan jaringan kabel listrik bawah laut, PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu), dan mikrohidro merupakan pilihan teknologi yang akan digunakan.
“Andalan Hati telah menyiapkan program, salah satunya yaitu meningkatkan akses listrik di kepulauan dan wilayah pedesaan melalui pengembangan energi terbarukan,” terangnya.
Program itu, kata dia, akan mendukung ketahanan energi di daerah-daerah terpencil dengan memastikan ketersediaan listrik yang lebih andal dan berkelanjutan, mengurangi ketergantungan pada PLTD, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah terpencil yang memiliki potensi pariwisata.
“Program ini juga untuk penanggulangan desa sangat tertinggal, sekaligus pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Adapun untuk masyarakat kurang mampu di pulau utama, akan diberikan bantuan pasang baru listrik PLN secara gratis,” tandasnya.(rif)

source

Exit mobile version