Maros Gagal Capai Target, Raih Medali Lebih Banyak
axel wiryanto
Wednesday, 02 November 2022 02:32 am
dibaca 257 kali

MAROS, BKM — Kontingen Kabupaten Maros di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Bulukumba-Sinjai 2022, belum mampu mencapai target lima besar. Maros bahkan hanya menempati posisi kesembilan klasemen akhir dari 24 kabupaten/kota dengan perolehan 16 emas, 31 perak, dan 31 perunggu.
Meski hanya diposisi kesembilan, namun pencapaian medali jika dibandingkan Porprov 2018 di Pinrang jauh lebih banyak di Porprov tahun 2022 ini. Ketua KONI Maros, AKBP (Purn) Mulyadi Haryo, menilai, menurunnya peringkat tersebut disebabkan cuaca di dua kabupaten Bulukumba dan Sinjai sangat tidak mendukung para atlet dari Maros.

”Cuaca yang menjadi penyebab utama, sehingga atlet-atlet kita ini mengalami penurunan prestasi saat bertanding,” kata Mulyadi.
Ditambahkan Mulyadi, selama berada di Sinjai dan Bulukumba, kondisi cuaca dengan terik matahari yang cukup panas, ditambah hawa panas dari air laut menjadi keluhan atlet. Mental bertanding atlet kurang maksimal, sehingga target lima besar bergeser.
Selain itu, mental bertanding atlet juga masih perlu ditingkatkan. ”Karena masih banyak atlet kita yang melaju ke final. Hanya saja, harus puas dengan juara dua. Ini menjadi pembelajaran buat kita semua. Sehingga di even-even berikutnya, tentu atlet-atlet kita harus lebih kuat agar bisa menjadi terbaik dari daerah laian,” kata Mulyadi.

Mulyadi menambahkan, secara peringkat Maros memang harus menurun. Namun raihan medali ada peningkatan. ”Dari jumlah emas kita ada penurunan empat emas. Namun jika ditotal jumlah medali kita meningkat, dari 60 keping menjadi 78 keping,” jelasnya.
Beberapa cabor yang selama ini diprediksikan bisa menambah emas, hanya mampu mendapatkan satu atau dua. Begitu juga cabor lain yang sudah digadang-gadang. Seperti catur, dayung, dan pencak silat namun tidak juga dapat menyumbangkan emas.
”Porprov tahun ini kita turunkan atlet sebanyak 218 orang dengan jumlah cabor sebanyak 24. Sementara Porprov sebelumnya kita hanya menurunkan atlet 165 orang. (ari/c)

The post Maros Gagal Capai Target, Raih Medali Lebih Banyak appeared first on Berita Kota Makassar.

source