Mahasiswa Psikologi UNM Beri Teknik Relaksasi ke Warga Binaan Lapas
axel wiryanto
Saturday, 08 October 2022 15:15 pm
dibaca 366 kali

MAKASSAR, BKM — Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang menjalani Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Rutan Kelas 1 Makassar, Sabtu (1/10). Ada beberapa program kerja yang mereka usung. Salah satunya yang telah berjalan adalah music therapy dan morning positif.
Walaupun program ini berbeda, tetapi kegiatan ini dirangkaian secara bersamaan karena
saling berkesinambungan. Program tersebut diusung oleh tiga orang mahasiswa, masing-masing Cindy
Caroline dan Misly Megautari sebagai penanggung jawab program kerja, dan Surya
Algazali sebagai ketua kelompok.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari dan diikuti 19 warga binaan pemasyarakatan yang sedang menjalani proses rehabilitasi narkoba. Pemberian music therapy bertujuan untuk menciptakan perasaan rileks dan mengurangiketegangan melalui alunan musik relaksasi yang diciptakan Peder B Herland. Sedangkan morning positif merupakan teknik word affirmation kepada warga binaan pemasyarakatan sebagai dorongan memberikan semangat agar dapat meningkatkan kepercayaan diri untukdapat berbaur kembali dengan masyarakat ketika masa tahanan selesai.
Pelaksanaan music therapy dan morning positif ini mendapatkan respons baik oleh pihak rutan. Kepala Sub Seksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Angga Satrya, mengapresiasi program yang telah dilaksanakan mahasiswa Psikologi UNM.

“Saya sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa dariFakultas Psikologi UNM. Secara umum kegiatan ini memberikan dampak positif dan sangat implementatif ketika diterapkan pada warga binaan. Kami juga melihat warga binaan sangat senang mengikuti kegiatan tersebu. Saya pikir teknik ini sangat bermanfaat. Mereka terlihat sangat rileks. Hasil surveinya juga Alhamdulillah ternyata positif. Kegiatan seperti ini sebagai kontribusi masyarakat. Mahasiswa paling tidak bisa membantu mensejahterahkan moril ataupun psikis warga binaan,” ujar Angga Satrya.

The post Mahasiswa Psikologi UNM Beri Teknik Relaksasi ke Warga Binaan Lapas appeared first on Berita Kota Makassar.

source