Mahasiswa Komunikasi FISIP Unismuh Makassar Belajar Menulis di BKM
axel wiryanto
Friday, 31 May 2024 09:01 am
dibaca 69 kali

MAKASSAR, BKM — Puluhan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Makassar peserta mata kuliah Dasar Dasar Jurnalistik Kelas Ikom B dan Bilingual Class (BC) memadati ruang redaksi harian Berita Kota Makassar di Lantai Tiga Gedung Graha Pena, Rabu (29/5).

Rombongan mahasiswa semester dua angkatan 2023 ini diterima oleh Pemimpin Redaksi Harian Berita Kota Makassar (BKM) Andi Rustan, S.S., M.Pd. Dosen pengampu mata kuliah ini adalah Dr. Muhammad Yahya, M.Si dan Dr. Syukri, S.Sos, M.Si untuk kelas Komunikasi BC.

Dalam kesempatan itu, Andi Rustan menjelaskan perjalanan koran BKM dari awalnya bernama Bina Baru yang terbit mingguan. Kemudian berubah nama menjadi Berita Kota Makassar yang terbit rutin setiap hari.

Perubahan zaman membuat koran yang sudah berusia 27 tahun pada 28 Juni 2024 ini beradaptasi dengan perubahan. Salah satunya dengan menghadirkan beberapa platform media. Selain media cetak BKM, ada pula portal BKM, koran elektronik BKM, serta media sosial.

”Konvergensi media menjadi sebuah keniscayaan, dan BKM secepatnya juga beradaptasi. Sebab kalau tidak menyesuaikan diri tentu akan ditinggalkan oleh proses perubahan dalam teknologi informasi,” ujar Andi Rustan.

Dijelaskan juga kalau rumus berita 5W + 1H dalam akronim bahasa Indonesia Adiksimba, sampai hari ini tetap digunakan oleh pekerja media, termasuk di BKM.

Media BKM beberapa tahun lalu telah menjalin kerja sama dengan Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar untuk penelitian, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat. Ada beberapa mahasiswa ilmu komunikasi Unismuh memilih BKM sebagai tempat penelitian untuk menulis skripsi dan lanjut menulis tesis pada mahasiswa yang menempuh kuliah studi magister komunikasi di Pascasarjana Unhas. Selain itu, ada pula alumni Ilmu Komunikasi Unismuh yang diterima jadi wartawan BKM.

Dosen pendamping mata kuliah Muhammad Yahya mengungkapkan, tujuan kuliah lapangan ini untuk membuka wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan dan pertumbuhan industri media massa dengan studi di BKM.

Kuliah lapangan ini memperkenalkan langsung pada mahasiswa proses perencanaan berita, peliputan, editing, publikasi dan penyebaran pesan berita kepada khalayak media.

Kuliah lapangan ini sekaligus merealisasikan program pemerintah Belajar Merdeka Kampus Merdeka yang mendekatkan mahasiswa pada dunia kerja. (rls)

source