Mahasiswa Ikom Unismuh Diskusi Kampanye dan Propaganda Politik di PKB Sulsel
axel wiryanto
Saturday, 25 November 2023 01:48 am
dibaca 183 kali

MAKASSAR, BKM –Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ikom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar semester III peserta mata kuliah Komunikasi Politik, melakukan kuliah lapangan di Sekretariat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sulsel di Jalan Toddopuli Raya Makassar, Kamis, 23 November 2023.

Sebanyak 28 mahasiswa angkatan 2022 ini dengan didampingi dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Politik, Dr Muhammad Yahya Mustafa,M.Si. Mereka tampak memadati aula kantor partai yang berlambang bola dunia ini, mendiskusikan kampanye dan propaganda serta praktik politik praktis.

Muhammad Yahya pada kesempatan itu menjelaskan kalau pilihan kuliah lapangan ke partai politik bertujuan untuk lebih memberi pemahaman secara praktis kepada mahasiswa peserta mata kuliah ini, khususnya tentang peran partai politik dalam melakukan komunikasi politik dengan konstituen dan masyarakat lainya.

”Pada perkuliahan di ruang kelas telah didiskusikan salah satu peran dan fungsi partai politik melakukan komunikasi politik. Selain itu, juga jadi topik diskusi soal kampanye politik dengan beragam media, propaganda politik, public relation politik. Selain itu, mahasiswa juga telah ditugaskan mencari baliho caleg dari partai politik peserta pemilu jenjang DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi dan DPR RI,” terang Yahya Mustafa.

Alasan memilih PKB, karena partai ini telah sukses meraih dukungan suara dari pemilu ke pemilu selama masa era reformasi. Dari hanya satu kursi, bertambah menjadi tiga kursi sampai delapan kursi pada Pemilu 2019. Selain itu PKB juga mampu menempatkan dua wakilnya pada DPR RI.

Hal menarik lainnya adalah manuver politik yang diambil oleh Ketua DPP PKB Cak Imin yang kemudian menjadi calon wakil presiden (Cawapres) dari Capres Anis Baswedan.

Mahasiswa diterima oleh Sekretaris DPW PKB Sulsel Muhammad Haekal, didampingi Wakil Ketua Al Mujahid Akmal serta Staf Ahli Fraksi PKB DPRD Sulsel Nawir. Selama diskusi tampil selaku moderator adalah Al Mujahid Akmal.

Haekal memberi informasi tentang kelahiran PKB pascakejatuhan Orde Baru 1998 dan selama Orde Baru berkuasa hanya ada dua partai politik dan satu golongan yang jadi peserta setiap kali pemilu di masa Orde Baru yakni PPP, Golkar dan PDI.

PKB dideklarasikan di Jakarta, 29 Rabiul Awal 1419 H atau 23 Juli 1998 setelah sebelumnya PBNU membentuk Tim Lima diberi tugas memenuhi aspirasi warga NU membentuk partai politik.

Tim Lima ini diketuai oleh KH Ma`ruf Amin (Rais Suriyah/Kordinator Harian PBNU), dengan anggota KH M Dawam Anwar (Katib Aam PBNU), Dr KH Said Aqil Siroj, M.A. (Wakil Katib Aam PBNU), HM Rozy Munir,S.E.,M.Sc. (Ketua PBNU), dan Ahmad Bagdja (Sekretaris Jenderal PBNU.)

Pada Pemilu pertama pascareformasi 1999, PKB di tingkat DPR RI menempatkan satu wakil atas nama H Mokhtar Noer Jaya. Pada DPRD Sulsel juga ada satu kursi atas nama Drs H Abdul Rahman. Pemilu selanjutnya 2014-2019, di DPRD Sulsel suara mencapai tiga dan Pemilu 2019 meraih sembilan kursi.

Delapan kursi yang diperoleh itu dengan legislator,masing-masing H. Muhammad Syarif, SH, MH, H Hengki Yasin, S.Sos,MM, Drs. H. Anwar Recca, MM, H. Azhar Arsyad, SH, Drs. Andi Tenriliweng, Fauzi Andi Wawo,S.Sos, Andi Muhammad Anwar Purnomo, SH,MH, dan Ir Irwan Hamid.

Selanjutnya, pada Pemilu 2019 PKB berhasil mendudukkan dua wakil di DPR RI, yakni Andi Muawiyah Ramli dari Dapil 2 Sulsel serta H Haruna dari Dapil I Sulsel.

PKB setiap saat melakukan kampanye kepada konstituen dan masyarakat lainnya agar menjadi kader serta pendukung setia partai pada setiap kali pemilu.

Salah seorang mahasiswa peserta kuliah lapangan Andi Arif Jaya Kusuma, merasa senang dengan kunjungan pertama kali ke sekretariat partai politik dan mendapat respons yang ramah dan bersahabat dari pengurus PKB. Lewat diskusi selama kunjungan ke PKB telah memberi pengetahuan dan pemahaman lebih luas soal kampanye politik dan propaganda politik. (rls)

source