Lutim Raih Predikat Kabupaten Informatif
axel wiryanto
Saturday, 23 December 2023 14:54 pm
dibaca 173 kali

MALILI, BKM — Luwu Timur kembali sukses mempertahankan posisi sebagai satu-satunya kabupaten di Sulawesi Selatan dengan predikat Informatif pada monev keterbukaan informasi badan publik kategori kabupaten/kota se Sulsel yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 dengan nilai 96,55.
Penghargaan sebagai Kabupaten informatif ini diterima oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa yang diserahkan langsung oleh Pj. Gubernur Sulsel, H. Bachtiar Baharuddin pada malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 yang diselenggarakan di Aula Tudang Sipulung Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (20/12).

Predikat sebagai kabupaten Informatif ini untuk kali kedua diterima daerah berjuluk Bumi Batara guru ini selama masa kepemimpinan H.

Budiman sebagai Bupati. Pada tahun 2022 lalu Lutim juga menjadi satu-satunya kabupaten Informatif dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.
Monev keterbukaan informasi publik tahun 2023 ini berbeda dari tahun sebelumnya, selain jumlah pertanyaan dalam quisioner mengalami penambahan, monev juga dilakukan secara serentak seluruh Indonesia melalui aplikasi e-monev 2023 sehingga penilaiannya lebih ketat.

Untuk masuk kategori penilaian maka badan publik harus memenuhi kriteria dengan enam indikator penilaian, Pertama adalah sarana dan prasarana, kedua adalah kualitas informasi. Kemudian jenis informasi, lalu komitmen organisasi.

Selanjutnya, inovasi dan strategi, serta digitalisasi.
Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel Pahir Halim dalam sambutannya sebelum penyerahan penghargaan mengatakan bahwa monitoring dan evaluasi setiap tahun dilakukan oleh komisi informasi Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengukur sejauh mana komitmen badan publik mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Selain, monev ini sifatnya dinamis, kata Ia, artinya bisa saja badan publik meraih posisi baik tetapi bisa saja tahun depan merosot.
“Meski demikian, dengan adanya monev kita bisa tahu posisi kita berada dimana saat ini, apakah informatif atau tidak informatif sehingga bisa kita mengukur sekaligus mengevaluasi untuk perbaikan kedepan,” jelas Pahir Halim.
Sementara PJ. Gubernur Sulsel dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap penerima penghargaan yang telah mengutamakan pelayanan publik kepada masyarakat.
“Tata kelola birokrasi pemerintahan yang baik adalah keterbukaan informasi publiknya berjalan dengan baik. Ini adalah bukti bahwa si penerima penghargaan mampu memahami arti dari undang-undang tentang keterbukaan informasi publik dan mampu memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat karena semakin informatif suatu daerah itu kedepannya mampu berkolaborasi baik juga disekitarnya,” kata Pj. Gubernur, H. Bahtiar.
Wakil Bupati Lutim, Mochammad Akbar Andi Leluasa mengungkapkan terimakasih dan rasa syukurnya atas penghargaan ini, dimana keberhasilan ini tentunya adalah kerjasama dari seluruh tim yang terlibat. (rls)

source