LPPM Unhas Pengabdian di Parepare, Perkenalkan Model Quadriple Helix
axel wiryanto
Sunday, 11 September 2022 20:37 pm
dibaca 201 kali

PAREPARE, BKM — LPPM Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan program pengabdian pada masyarakat di Kelurahan Bacukiki, Kecamatan Watang Bacukiki, Kota Parepare, Jumat, (9/9/2022). Pada kegiatan ini, tim LPPM Unhas memperkenalkan model Quadriple Helix dalam pembibitan sapi Bali di Kota Parepare.

Kegiatan ini dihadiri oleh kelompok tani ternak, petugas teknis inseminasi buatan, paramedik hewan, penyuluh, dan staf kelurahan Bacukiki.

Lurah Bacukiki, Nur Muhlisani saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa di Kelurahan Bacukiki saat ini menjadi sentra peternakan di Parepare.

Warga Bacukiki, kata dia, sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai peternak.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian, Kelautan, dan Perikanan drh. Nurdin Salikhin pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa potensi peternakan dan pengembangannya di Kota Parepare sangat strategis karena menjadi daerah penyangga untuk Kabupaten Barru, Pinrang, dan Sidrap.

Kota Parepare, kata dia, mendukung program pemerintah yaitu Sikomandan seperti inseminasi buatan dan program pemerintah lainnya.

“Kota ini masih zona hijau untuk penyakit mulut dan kuku karena untuk lalu lintas hewan ternak harus memiliki SKKH dan dipastikan telah divaksin. Apalagi, salah satu program unggulan Kota Parepare dengan adanya pelayanan publik yaitu CALLNAK,” kata Nurdin.

Untuk itu, Nurdin berharap kolaborasi model Quadriple Helix ini terus berlanjut dan diterapkan serta menjadi contoh di Kota Parepare.

Tim LPPM Unhas yang menjadi narasumber, Dr. Ir. Zulkharnaim, S.Pt., M.Si., IPM kepada peserta yang hadir mengatakan saat ini usaha pembibitan sapi dengan model Quadripel Helix sangat penting. Dimana model Quadripel Helix ini melibatkan pemerintah, akademisi, dunia usaha dan dunia industri serta kelompok tani ternak dalam bingkai korporasi usaha.

The post LPPM Unhas Pengabdian di Parepare, Perkenalkan Model Quadriple Helix appeared first on Berita Kota Makassar.

source