Limbah Tinja tak Lagi Dibuang ke Septic Tank
axel wiryanto
Saturday, 14 January 2023 23:40 pm
dibaca 148 kali

MAKASSAR, BKM — Jaringan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sementara digenjot pembangunannya. Proyek infrastruktur yang akan menjadi saluran pembuangan tinja itu berada di bawah koordinasi langsung Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Sarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan.

Nantinya, pengelolaan IPAL itu akan diserahkan ke Pemkot Makassar setelah proyek rampung secara keseluruhan.

Pemerintah kota pun sudah mulai mempersiapkan diri untuk melakukan pengelolaan IPAL.

Tidak berjalan sendiri, Pemkot menggandeng USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Tangguh untuk mengatur seperti apa manajemen dan mekanisme yang akan dilaksanakan ke depan.
Dalam pertemuan antara Pemkot Makassar dan IUWASH Tangguh, Sekretaris Kota Makassar Muh Anshar menerangkan, ada rencana pembagian tugas antara PDAM dengan BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar dalam pengelolaan infrastruktur sanitasi itu.
Dia mengatakan, nantinya akan diatur dalam Perwali yang merupakan turunan dari Perda No 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik. Pengelolaan IPAL Losari ini, lanjut Anshar, rencananya akan ditangani PDAM Kota Makassar.

Untuk tahap pertama, sesuai dengan pembangunan infrastruktur yang saat ini sementara dirampungkan, layanan akan menjangkau empat kecamatan. Masing-masing Kecamatan Mamajang, Ujung Pandang, Mariso, dan Tamalate. Sementara untuk pengelolaan air limbah secara konvensional akan ditangani oleh BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar.
Muh Ansar melanjutkan, nantinya akan dipertemukan beberapa instansi lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk membahas lebih lanjut teknis pelaksanaan, seperti PDAM, Dinas PU, Bappeda, Dinas Tata Ruang, serta camat dan beberapa OPD lain yang memiliki keterkaitan dengan pengelolaan IPAL.

The post Limbah Tinja tak Lagi Dibuang ke Septic Tank appeared first on Berita Kota Makassar.

source