Site icon ROVINDO

Lewat PPMU-PPUPIK, Dosen dan Mahasiswa FIKP Unhas Hasilkan Sarabba Rumput Laut

MAKASSAR, BKM — Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menghasilkan lagi satu produk khas minuman Makassar yang dikenal sebagai sarabba rumput laut. Produk ini hadir lewat Program Pengabdian kepada Masyarakat Unhas-Program Pengembangan Usaha produk intelektual kampus (PPMU-PPUPIK).

Ketua Pelaksana Dr Sitti Fakhriyyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa wirausaha, dan setelah mahasiswa selesai dapat membuka lapangan pekerjaan. Keuntungan dari kegiatan ini untuk Unhas, mendapatkan pemasukkan dari hasil penjualan sarabba rumput laut.

Kegiatan ini berlangsung sejak 8 Februari 2024 sampai sekarang. Empat orang dosen FIKP terlibat di dalamnya. Mereka berasal dari dua program studi, yaitu Agrobisnis Perikanan (ABP) dan Teknologi Hasil Perikanan (THP) yang memiliki tugas masing-masing. Dr Andi Amri memiliki tugas menyediakan bahan baku pembuatan sarabba rumput laut. Dr Syahrul berperan membuat sarabba rumput laut, dan yang bertanggung jawab untuk pemasarannya adalah Dr Amiluddin. Selain dosen, juga melibatkan tiga orang mahasiswa.

Program ini merupakan kerja sama PT Bantimurung Indah dalam hal bahan baku rumput laut berbentuk powder. Kegiatan ini terkait dengan SDGs yaitu inovasi, konsumsi dan produksi, ekosistem laut serta kemitraan. (rls)

source

Exit mobile version