Legislator Soroti Pimpinan OPD Malas Paripurna
axel wiryanto
Monday, 19 September 2022 22:16 pm
dibaca 219 kali

MAKALE, BKM –Anggota DPRD Tana Toraja Andarias Tadan menyoroti sikap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang malas mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Tator.

Andarias yang juga Ketua Fraksi Partai Hanura ini menyebut pimpinan OPD tidak hadir pada paripurna laporan hasil reses anggota dewan meskipun sudah diundang. Laporan hasil reses anggota dewan hendaknya didengar pimpinan OPD, utamanya yang berkaitan dengan anggaran.
Diakui Andarias, miris sekali paripurna hanya diikuti hanya tujuh OPD, itupun diwakili. Bagaimana mau sinkron temuan anggota dewan atas permasalahan di lapangan kalau tidak didengar pimpinan OPD untuk ditindaklanjuti.

”Mestinya 32 pimpinan OPD mendengar persoalan yang dibahas dan disuarakan anggota dewan pada paripurna untuk segera ditindaklanjuti, sebab berkaitan dengan program kerja maupun penggunaan dan pengelolaan anggaran,” tegas Andarias.
Andarias mendesak Plt Sekkab Tana Toraja memberi perhatian khusus kepada kedisiplinan para Kepala OPD dan kiranya bisa menjadi bahan evaluasi bagi yang berkinerja buruk.
Politisi Partai Golkar Randan P Sampetoding menambahkan temuan dan aspirasi yang diserap saat reses kiranya jadi perhatian serius para Kadis terkait. Utamanya Dinas Pendidikan yang belum meratanya tenaga guru di sekolah, bahkan ditemukan ada sekolah hanya dua orang gurunya.

”Tidak mungkin terwujud mutu dan kualitas pendidikan didaerah ini jika kondisi dan fenomena kekurangan guru kerap jadi soal,” tandas Randan.
Randan geram sebab persoalan kekurangan guru sudah beberapa kali disuarakan pada rapat paripurna untuk ditindaklanjuti Pemkab melalui OPD teknis Diknas tapi terkesan terabaikan.
”Ini pelecehan kepada lembaga terhormat, karena anggota dewan sudah beritikad baik menindaklanjuti persoalan ditemukan dilapangan, jadinya seperti ini,” tandasnya.
Sebaiknya eksekutif dan legislatif sevisi mengurai persoalan ditemukan dewan sehingga wujudkan “Tana Toraja Bangkit, Produktif dan Tangguh Menyongsong Tatanan Kehidupan Baru”, agar daerah ini keluar dari multi krisis melalui percepat pemulihan ekonomi. (gus/C)

The post Legislator Soroti Pimpinan OPD Malas Paripurna appeared first on Berita Kota Makassar.

source