Lagi, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir
axel wiryanto
Saturday, 23 September 2023 21:15 pm
dibaca 88 kali

MAKASSAR, BKM — PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) kembali melakukan pemadaman bergilir di sejumlah wilayah, termasuk Makassar dan sekitarnya. Pemadaman yang dilakukan mulai Kamis (21/9) ini, diklaim dilakukan dalam rangka pemeliharaan infrastruktur kelistrikan. Hal serupa menjadi alasan ketika berlangsung pemadaman bergilir beberapa waktu lalu.

Informasi pemadaman listrik itu disampaikan PLN Wilayah Sulselbar melalui akun Instragram resminya @pln_sulselrabar. Disampaikan bahwa PLN akan melakukan manajemen beban listrik pada beberapa lokasi di wilayah Makassar dan sekitarnya secara bergilir.

“Sehubungan dengan kemarau berkepanjangan sehingga mengakibatkan debit air berkurang di beberapa PLTA dan PLTMH, serta pemeliharaan infrastruktur kelistrikan terjadwal di sistem kelistrikan Sulbagsel, maka perlu dilaksanakan manajemen beban listrik yang pada beberapa lokasi,” tulis PLN.
Diestimasikan pemadaman listrik akan terjadi masing-masing selama tiga jam di setiap wilayah. Listrik akan padam secara bergilir di sejumlah wilayah Makassar dan sekitarnya mulai pukul 10.00-13.00 Wita, 13.00-16.00 Wita, dan pukul 19.00-22.00 Wita. PLN mengaku terus mengambil langkah strategis dalam memitigasi kemarau berkepanjangan.

Kemarau panjang telah mengakibatkan debit air berkurang di beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Demikin disampaikan General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin.

Andy menjelaskan, komposisi pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) yang memasok listrik di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) cukup besar.

“Ini dampak kemarau yang cukup panjang diprediksi akan berimplikasi pada pola pengoperasian pasokan listrik di sistem kelistrikan Sulbagsel pada akhir September 2023,” kata Andy, Kamis (21/9).

Andy menegaskan, guna memaksimalkan pola pengoperasian PLTA, pihaknya berupaya melakukan modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan buatan.

“Kami berkomitmen akan terus berupaya untuk menghadirkan pasokan listrik yang prima kepada pelanggan. Salah satunya dengan pemeliharaan infrastruktur terjadwal dan penetrasi modifikasi cuaca untuk meningkatkan debit air di beberapa pembangkit energi bersih,” katanya.

Andy memastikan PLN akan terus meminimalisir terjadinya manajemen beban dengan percepatan pekerjaan di lapangan, dan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam penanganannya. (jun)

The post Lagi, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir appeared first on Berita Kota Makassar.

source