Kunjungi Toraja Utara Dewas BPJamsostek Sapa Langsung Pelaku UMKM
axel wiryanto
Thursday, 12 September 2024 16:10 pm
dibaca 18 kali

MAKASSAR, BKM — BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek terus gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat lebih memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial dalam kehidupannya.
Untuk itu, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek, Muhammad Zuhri Bahri didampingi Kepala BPJamsostek Cabang Palopo, Mu’minati, berkesempatan mengunjungi pelaku UMKM yang berada di sekitaran Objek Wisata Ke’te Kesu’ Toraja Utara, Selasa lalu.

Diketahui, Tana Toraja merupakan daerah wisata. Dimana didominasi pelaku UMKM yang menjajakkan dagangannya di sekitar obyek wisata.
Kedatangan Dewan Pengawas BPJamsostek, Muhammad Zuhri Bahri ini dimanfaatkan untuk menyapa dan berdiskusi langsung bersama pelaku UMKM di sekitar obyek wisata.
”BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek merupakan badan hukum yang disediakan untuk masyarakat dengan tujuan memberikan perlindungan sosial kepada seluruh pekerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu. Jaminan sosial ketenagakerjaan tidak hanya untuk pekerja formal, melainkan juga untuk pekerja informal. salah satunya adalah pelaku ekonomi seperti UMKM,” jelas Muhammad Zuhri di hadapan para pedagang di sekitar obyek wisata Ke’te Kesu’.

Sementara itu, Kepala BPJamsostek Cabang Palopo, Mu’minati menyebutkan, menjadi peserta BPJamsostek ada banyak manfaatnya dari lima program yang diberikan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
Usai berdiskusi, Dewan Pengawas BPJamsostek, Muhammad Zuhri Bahri didampingi Kepala BPJamsostek Cabang Palopo, Mu’minati menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJamsostek kepada sejumlah pelaku UMKM dan juga melakukan pembinaan personel di Kacab Tana Toraja Makale.
Kegiatan ini juga dihadiri Waka Bidang Wasrik BPJamsostek, Waka Bidang DHCA, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tana Toraja Makale, Kabid Kepesertaan Kacab Palopo, dan Kabid Pengendalian Operasional Kacab Palopo. (mir)

source