KSAD Janji Perbaiki Rumah Veteran dan Warakawuri
axel wiryanto
Sunday, 17 December 2023 01:04 am
dibaca 110 kali

MAKASSAR, BKM — Peringatan Hari Juang Kartika ke-78 TNI AD dilaksanakan di Makassar, Jumat (15/12). Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hadir langsung dalam upacara yang dilangsungkan di Lapangan Karebosi.
Maruli menegaskan, ia akan membenahi perumahan para veteran dan warakawuri yang dianggap tidak layak.

“Untuk itu kami sedang rumuskan,” ujarnya.
Menurutnya, kediaman para veteran perlu diperbaiki. Kesejahteraan para veteran akan menjadi program prioritas.

“Karena memang banyak juga kami lihat di lapangan kondisi perumahan mereka kurang layak.

Itu akan menjadi program-program kami ke depan,” ucapnya.

Maruli menambahkan, TNI juga harus terlibat langsung dalam menjaga kelestarian alam. Hal ini selaras dengan tema yang diusung dalam Hari Juang Kartika TNI AD tahun ini, yakni TNI Bersama Rakyat, Bersatu dengan Alam untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Ini merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI Angkatan Darat.

TNI Angkatan Darat memiliki kemampuan, potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam,” ujar Maruli.

Menurutnya, TNI AD dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan. Untuk itu dibutukan semangat para TNI untuk berkolaborasi dengan pemerintah.

“Mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI adil rakyat, meningkatkan kemampuan berperan aktif dalam pelestarian alam, dan jadikan ini lingkungan,” imbuhnya.

Maruli turut mendorong agar TNI ikut dalam mengawal dan menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan damai.

Dia menegaskan, TNI AD adalah alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif.

“Jadikan momentum ini sebagai suatu pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia. Tugas kita adalah menjaga stabilitas keamanan dan terus meningkatkan kewaspadaan, terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi,” kata Maruli.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengapresiasi keterlibatan TNI dalam setiap program pemerintah. Dia juga memuji TNI yang ikut terlibat dalam menjaga kelestarian alam lewat gerakan penanaman pohon.

“Ini akan membuat daerah kita selain kembali menjadi subur, produktif, kemudian mungkin juga bagian dari upaya kita untuk menurunkan emisi karbon.

Apalagi ini isu pemanasan global,” tegas Bahtiar. (jun)

source