KPU Toraja Lounching Tahapan Pilkada dengan Maskot Sikopi
axel wiryanto
Senin, 17 Juni 2024 18:25 pm
dibaca 76 kali

MAKALE, BKM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja, melaunching tahapan pemilihan bupati (Pilbup) di Puri Artha Hotel, Kamis (13/6) dengan Maskot Sikopi.
Ketua KPU Berthy Paluangan mengatakan bila Pilbup yang tinggal 170 hari, merupakan bagian dari proses demokrasi perebutkan kekuasaan.

“Untuk mewujudkan Pilkada damai dan berkualitas tentunya merupakan tugas kita bersama dengan berpartisipasi dan berperan guna mensukseskan harapan tersebut,”ujar Berthy.
Peluncuran Maskot Sikopi bagian dari tahapan Pilkada mengandung arti kearifan lokal kopi Toraja dikenal luas dunia internasional.

“Maskot tersebut dimaknai kita bangga dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas yang mampu membawa nama Tana Toraja di Pilkada Bupati dan Wakil Bupati rakyat bebas memilih tanpa intimidasi sehingga berjalan aman dan damai,” ujar Berthy.

Sekda Tana Toraja dr Rudhy Andi Lolo mewakili bupati menjelaskan bila peluncuran tahapan Pilkada kedepan diharapkan agar tercipta pemerintahan berkompetensi dan berintegtitas.
Tentunya semua komponen dan stake holder terlibat dalam penyelenggara Pilkada kiranya kerja lebih independen guna terciptanya Pilkada yang Jurdil.
“Aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemda Tana Toraja meskipun punya hak pilih, namun harus tetap netral untuk mengawal Pilkada dalam merajut persatuan dan kesatuan dan jadi katalisator. Masyarakat menyikapi proses dan tahapan Pilkada agar jangan mudah dan gampang diadudomba karena beda pilihan. Kita terus junjung tinggi Tana Toraja laboratorium moderasi umat beragama,” beber Rudhy (gus/rif/c).

source