Site icon ROVINDO

Komitmen untuk Masyarakat dan Lingkungan Melalui Desa SDGs, PT Vale Raih Top SDGs Award 2024

JAKARTA, BKM — Penghargaan atas konsistensinya dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan diraih PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam ajang Top SDGs (Sustainability Development Goals) Award 2024 yang digelar Infobrand.id.
Top SDGs Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai berhasil menjalankan program social development pada strategi bisnisnya. Termasuk berkontribusi terhadap 17 poin tujuan SDGs.

Di tengah tantangan global yang dihadapi oleh industri saat ini, seperti perubahan iklim dan ketidaksetaraan sosial, perusahaan-perusahaan semakin diingatkan untuk tidak hanya fokus pada keuntungan ekonomi.
Tetapi juga pada dampak sosial dan lingkungan dari operasional mereka. Kesejahteraan masyarakat sangat bergantung pada sinergi antara industri, pemerintah, dan masyarakat.

Hal tersebut disadari betul PT Vale yang sejak lebih dari setengah abad beroperasi berdampingan dengan komunitas lokal di Luwu Timur, Kolaka, dan Bahodopi.
Perusahaan berpegang pada komitmen sosial dengan terus menggulirkan program-program pemberdayaan. Komitmen keberlanjutan tersebut mendapat apresiasi.
Pada acara yang berlangsung di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9), hadir Senior Manager Institutional Relations PT Vale, Yani Siskartika mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan bergengsi tersebut.
Head of External Relations PT Vale, Endra Kusuma, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diperoleh. Penghargaan ini semakin memotivasi perseroan dalam menjalankan program CSRnya.

”Kami sampaikan terima kasih atas penghargaan Top SDGs Award 2024 yang bekerja sama dengan Tras & Co. Ini akan menjadi motivasi bagi PT Vale untuk terus berkomitmen dalam menjalankan praktik pertambangan berkelanjutan yang tidak hanya memikirkan produksi saja,” ujarnya.
Menurut Endra Kusuma, keberlanjutan tidak hanya berbicara soal produksi saja. Tetapi juga tentang bagaimana perusahaan bisa berkontribusi dan bertanggung jawab pada lingkungan serta masyarakat, sehingga area operasional PT Vale mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Pembangunan berkelanjutan menjadi hal penting bagi perusahaan dalam upaya perbaikan peningkatan kehidupan masyarakat. Khususnya di wilayah-wilayah operasional perusahaan. PT Vale sendiri memperkenalkan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Dukungan SDGs Desa.
Program ini telah menjabarkan delapan tujuan SDGs yang dapat mendukung pencapaian 8 prioritas tujuan SDGs. Adapun 8 tujuan itu di antaranya, zero hunger, good health and well being, quality education, decent work and economic growth, industry innovation and infrastructure, sustainable cities and communities, climate action, partnership for the goals.

Beberapa program yang mendukung pencapaian SDGs Desa antara lain pengadaan perahu desa siaga, pelatihan tenaga kerja, bank sampah termasuk mobil kebersihan desa, perkebunan nanas, konservasi area pesisir, program UMKM Desa, sarana air bersih dan program-program lainnya.
”Masyarakat tumbuh bersama PT Vale lebih dari setengah abad di Sorowako, Luwu Timur. Berbagai program pendidikan, kesejahteraan sosial, dan pengembangan UMKM tak lepas dari masukan masyarakat dan bersinergi bersama pemerintah daerah,” jelas Endra Kusuma.

SDGs sendiri tidak hanya tentang tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga tentang integrasi strategis antara pertumbuhan bisnis dan kontribusi terhadap keberlanjutan global. Hal inilah yang mampu meneguhkan PT Vale untuk meraih penghargaan tersebut.
Penghargaan ini juga bertujuan mengakui dan merayakan dedikasi perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis yang mendukung SDGs melalui pendekatan inovatif dan berkelanjutan.

”PT Vale akan terus berusaha memacu pertumbuhan dengan memprioritaskan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial di wilayah operasional kami,” pungkasnya
Pencapaian ini diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain untuk turut berkomitmen pada praktik bisnis yang mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. (mir)

source

Exit mobile version