Kolaborasi PNM-Pemkab Gowa Tingkatkan Kualitas UMKM
axel wiryanto
Thursday, 26 January 2023 20:20 pm
dibaca 150 kali

GOWA, BKM — Salah satu program prioritas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati, Abd Rauf Malaganni, pada periode kedua pemerintahannya adalah bidang UMKM (usaha mikro kecil menengah). Dan kini bidang yang digeluti para pelaku usaha ini secara bertahap dikembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Sebagai langkah pengembangan kepada para pelaku usaha ini, Pemkab Gowa terus melakukan perhatian.

Program bidang UMKM ini juga sangat menunjang program Bupati Gowa yakni satu desa satu produk yang telah berjalan sebelumnya.
Karena itu, Pemkab Gowa terus melakukan upaya peningkatan produksi maupun kualitas para UMKM melalui berbagi upaya. Bukan hanya pada setiap ada event pameran seluruh UMKM aktif dilibatkan. Juga berbagai pelatihan baik bagaimana meningkatkan produksi, meningkatkan kualitas hingga pada faktor marketing dilakukan.
Dan kali ini, Pemkab Gowa pun mengoptimalkan peran pihak ketiga untuk menguatkan UMKM yakni dengan menggandeng perusahaan permodalan.
Pada Rabu (25/1), bertempat di Baruga Tinggimae rujab Bupati Gowa dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Gowa melalui Dinas Koperasi dan UKM dengan perusahaan permodalan yakni PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kerjasama ini terkait pemberdayaan UMKM di Gowa dan penyediaan calon karyawan PNM. Dalam kesempatan kerjasama tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, dalam visi, misi dan RPJMD Kabupaten Gowa, UMKM merupakan salah satu dari lima program prioritas Pemkab Gowa. Sehingga penandatanganan ini sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan program prioritas tersebut.
”Pendidikan, kesehatan, keagamaan, infrastruktur dan UMKM adalah program prioritas kami pada RPJMD selama lima tahun kedepan.

Menindaklanjuti itu maka hari ini kami melakukan penandatanganan bersama PNM Cabang Makassar sebagai upaya peningkatan UMKM dan menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gowa,” kata Adnan.
Adnan mengaku, UMKM bukan hanya terkait permodalan saja, namun harus ada pendampingan dan pemasaran agar kualitas UMKM sesuai dengan standar yang ada.

The post Kolaborasi PNM-Pemkab Gowa Tingkatkan Kualitas UMKM appeared first on Berita Kota Makassar.

source