Kolaborasi PLN Nusantara Power UP Bakaru dan BMKG Sulsel
axel wiryanto
Saturday, 24 August 2024 00:03 am
dibaca 69 kali

MAKASSAR, BKM — PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Bakaru resmi menjalin kerja sama strategis dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan.
Kerja sama ini bertujuan mendukung pengoptimalan debit air di Bendungan PLTA Bakaru, khususnya dalam menghadapi musim kemarau, demi menjaga pasokan listrik yang andal bagi masyarakat di wilayah Sulawesi Selatan.

PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Bakaru merupakan salah satu penyedia listrik utama di Sulawesi Selatan. Dimana memanfaatkan debit air dari Bendungan PLTA Bakaru sebagai sumber utama dalam proses pembangkitan listrik.
Dalam rangka mengantisipasi dampak musim kemarau yang berpotensi menurunkan debit air sungai Mamasa, langkah antisipatif berupa Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) akan dilaksanakan di daerah hulu Sungai Mamasa yang merupakan kawasan kunci dalam pengisian Bendungan PLTA Bakaru.

Dalam pelaksanaan OMC tersebut, dukungan data dan analisis dari BMKG Sulawesi Selatan menjadi sangat vital. BMKG akan menyediakan informasi terkini terkait curah hujan, pola cuaca, dan prediksi iklim yang akurat untuk membantu menentukan waktu dan lokasi yang tepat bagi pelaksanaan modifikasi cuaca.
Kolaborasi ini diharapkan dapat memaksimalkan efektivitas OMC.

Sehingga debit air dapat dipertahankan atau ditingkatkan, menjaga stabilitas pasokan listrik yang dihasilkan  PLTA Bakaru.
Manager PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Bakaru, Yan Suprayogi, menyatakan, kerja sama dengan BMKG Sulawesi Selatan ini merupakan langkah penting dalam upayanya untuk memastikan keberlanjutan pasokan listrik yang andal. Terutama di tengah tantangan perubahan iklim dan cuaca ekstrem.

”Dengan dukungan data dan analisis dari BMKG, kami optimis dapat mengelola pasokan Listrik dari PLTA Bakaru lebih efektif dan efisien,” kata Yan Suprayogi.
Sementara itu, Kepala BMKG Sulawesi Selatan, Irwan Slamet, mengatakan, pihaknya sangat mendukung inisiatif PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Bakaru dalam melaksanakan OMC. BMKG akan terus berupaya memberikan data cuaca dan iklim yang akurat dan tepat waktu, sehingga operasi modifikasi cuaca dapat berjalan dengan optimal dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.
Melalui sinergi ini, diharapkan tidak hanya keberlanjutan pasokan listrik yang terjaga, tetapi juga tercipta model kolaborasi yang dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sumber daya air di wilayah lain.
PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Bakaru dan BMKG Sulawesi Selatan berkomitmen terus meningkatkan koordinasi dan kerja sama demi mencapai tujuan bersama.

(mir)

source