Kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dengan Kepala UPT SMK dan Pimpinan PT
axel wiryanto
Saturday, 12 August 2023 08:44 am
dibaca 112 kali

MAKASSAR, BKM — Para kepala UPT SMK dan pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di wilayah Palopo dan Luwu mengikuti sosialisasi terkait program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek).
Sosialisasi ini dilaksanakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palopo, di Misi Kuring Mega Plaza Palopo, Kamis (3/8).
Sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman terkait program Jamsostek yang diberikan kepada siswa SMK maupun mahasiswa magang yang sedang mengikuti praktik kerja industri.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo, Makmur, menjelaskan, program tersebut masuk dalam sektor bukan penerima upah. Siswa dan siswi SMK atau mahasiswa yang sedang melaksanakan magang kerja atau KKN dapat tercover program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
”Selama magang kerja atau prakerin pasti ada risiko, baik saat berangkat ke tempat kerja atau di tempat kerja, program ini sangat penting untuk siswa ataupun mahasiswa. Untuk itu, kami mendorong sekolah dan juga universitas agar mendaftarkan siswa dan mahasiswanya sebelum melakukan magang ataupun Prakerin tersebut,” ujarnya

Sementara itu, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 11 Provinsi Sulsel, Ahmad Karim selaku Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, menyambut baik program dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut.
”Program ini sangat bagus. Karena dapat memberikan perlindungan kepada siswa kami yang prakerin (praktik kerja industri),” ujarnya.
Dikatakan, ini adalah upaya memberikan jaminan perlindungan kepada siswa. ”Pihak sekolah tenang, siswanya tenang dalam praktik magang, juga orangtua di rumah tidak cemas lagi,” paparnya. (mir)

The post Kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dengan Kepala UPT SMK dan Pimpinan PT appeared first on Berita Kota Makassar.

source