Ketua DPRD Minta Komitmen Pemprov Tuntaskan Stadion
axel wiryanto
Wednesday, 19 April 2023 07:28 am
dibaca 153 kali

MAKASSAR, BKM — Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika menyampaikan delapan pokok pikiran dan usulan DPRD untuk Pemprov Sulsel pada tahun anggaran 2024 mendatang. Salah satunya adalah meminta Pemprov agar berkomitmen untuk menuntaskan insfratruktur olahraga, berupa stadion yang berstandar internasional di Sulsel.

“Saat ini ada tiga aset pemerintah berupa stadion, diharapkan dipilih salah satunya untuk diselesaikan pembangunannya,” kata Andi Ina ketika berbicara di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulsel 2024 di Hotel Claro, Senin (17/4).

Tiga aset itu adalah Stadion Mattoanging, Stadion Barombong dan GOR Sudiang.

“Tentu saja dalam penentuan lokasi, dalam hal ini dengan prinsip cepat dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Sulsel, hukum dan alokasi anggaran biaya terjangkau dan akuntabel,” lanjut politisi Golkar itu.
Delapan pokok pikiran DPRD Sulsel lainnya yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, yakni perbaikan jalan nasional dan jalan provinsi. Pemprov diharapkan terus berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional.

Begitu pula ruas jalan provinsi yang perlu diperhatikan, terkhusus daerah yang terdampak banjir.

Di bidang pendidikan, gedung SMA/SMK yang belum memenuhi standar pendidikan nasional agar segera dibenahi. Seperti melengkapi pagar pengaman, halaman, pemeliharaan gedung, pembangunan ruang kelas baru dan laboratorium.

Termasuk kualifikasi tenag pengajar yang belum merata, serta peningkatan kesejahteraan.

Dalam bidang pertanian, perbaikan saluran irigasi, bendungan, tanggul, talud yang didukung alat pertanian modern seperti traktor hingga mesin penggiling, penyediaan bibit unggul, cengkih, jagung, pala, dan kakao. Untuk menunjang sistem pengairan dibutuhkan sumur bor.

Dibutuhkan juga bibit berkualitas tinggi yang memperhatikan waktu siklus masa tanam.
Pada sektor perikanan dan kelautan, perkembangan rumput laut yang sudah berjalan baik di pesisir pantai perlu diberikan fokus. Perhatian untuk budidayanya agar kualitas dan nilai jual rumput laut meningkat.
Begitu juga pengadaan kapal dan mesin kapal, serta alat tangkap ikan serta sarana pendukung lainnya. Begitu juga perbaikan dermaga dan bibit ikan.

Di sektor kesehatan, diharapkan pemerintah untuk mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan. Karena hingga saat ini banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan dasar kesehatan, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung di rumah sakit pemerintah dan pusat pelayanan kesehatan lainnya yang belum maksimal.

Kemudian program sistem penyediaan air minum sebagai upaya penyediaan sarana air bersih dan pengadaan listrik di sejumlah daerah, terutama di daerah terpencil dan daerah-daerah pesisir serta kepulauan, agar terus digencarkan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitas, sehingga masyarakat di daerah pesisir dan kepulauan turut merasakan hasil pembangunan.

Pentingnya perhatian terhadap pembinaan UMKM dan industri kreatif, termasuk dengan memikirkan dengan baik sektor modal dan pemasarannya sehingga dapat menjadi bagian dari percepatan ekonomi nasional

. (jun)

The post Ketua DPRD Minta Komitmen Pemprov Tuntaskan Stadion appeared first on Berita Kota Makassar.

source