Ketua Dekranasda Lantik Jajaran Pengurusnya
axel wiryanto
Tuesday, 20 September 2022 15:23 pm
dibaca 234 kali

BULUKUMBA, BKM — Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulukumba masa bakti 2021-2026 dilantik di Pedestarian Titik Nol Bira, Sabtu (17/9). Pelantikan berlangsung meriah karena dirangkaikan dengan lomba kuliner di 10 kecamatan serta gerakan makan ikan.

Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas menginginkan agar Dekranasda tak hanya menjadi ajang kumpul-kumpul saja, tapi harus bersama-sama ambil peran dalam membantu Pemda.
Andi Herfida yang juga menjabat Kepala Kebudayaan Makassar ini mengemukakan, sebagai organisasi yang tak dibiayai oleh APBD, maka pengurus Dekranasda harus ikhlas jiwa dan raga demi kemajuan daerah tercinta.
Dia melaporkan Dekranasda telah turun lapangan mengupdate data pelaku-pelaku UMKM di bidang kerajinan tangan.
”Kami ambil datanya di Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM. Kemudian kami cek di lapangan. Bukan berarti kami tidak yakin, tapi kami berupaya untuk mengupdate data,” tuturnya.

”Sehingga enam bidang sudah mengupdate data-data tersebut. Alhamdulillah setelah kita turun di lapangan banyak pengrajin yang didapat,” kata Herfida menambahkan.
Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memuji komitmen Dekranasda untuk berperan aktif membantu Pemda. Dia berharap Dekranasda dapat berinovasi dalam meningkatkan produksi maupun pemasaran kerajinan tangan Bulukumba.
Dekranasda, harus berfungsi sebagai fasilitator dan motivator agar potensi UMKM khususnya di sektor kerajinan daerah semakin berkembang, seiring dengan pengembangan sektor pariwisata.
“Dekranasda memiliki peran mendorong inisiasi pelaku usaha dan ekonomi kreatif di bidang kerajinan, yang diharapkan mampu mendayagunakan segenap potensi lokal yang ada menjadi produk yang bernilai ekonomi,” ungkapnya.

The post Ketua Dekranasda Lantik Jajaran Pengurusnya appeared first on Berita Kota Makassar.

source