Kepala Bappelitbangda Peserta Terbaik PKN
axel wiryanto
Tuesday, 18 October 2022 13:15 pm
dibaca 286 kali

SIDRAP, BKM — Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan X Tahun 2022 yang digelar Puslatbang KMP LAN berakhir, Jumat (14/10). Peserta berjumlah 60 orang telah melalui proses pembelajaran yang ditetapkan dalam Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 375 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II.

Proses ini untuk memenuhi kebutuhan pembentukan kompetensi kepemimpinan strategis pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.
Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto mengumumkan lima peserta terbaik dan salah satunya adalah peringkat I yakni Andi Muhammad Arsjad, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sidrap.
Selama pelatihan Andi Muhammad Arsjad mengusung proyek perubahan “Parade” akronim dari Pemetaan Program Kegiatan Prioritas Daerah.
Menurut Adi untuk menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Banyak yang bisa menjadi pejabat tetapi tidak semua pejabat bisa menjadi pemimpin.
“Kriteria seorang pemimpin adalah salah satunya mampu menggerakkan dan memotivasi bawahan di lingkungan kerjanya untuk berubah atau membuat perubahan serta menyebarkan virus-virus perubahan,” papar Adi lagi.
Seorang pemimpin perubahan bisa dilihat dari gaya kepemimpinannya yang berkharisma dan mempunyai tutur kata dan kepribadian yang baik karena akan menjadi acuan bagi stafnya.

Adi mengapresiasi prestasi kualifikasi kelulusan yang diperoleh oleh seluruh peserta dan berharap apa yang diperoleh pada seluruh proses pembelajaran selama pelatihan dapat menjadi bekal untuk menjadi seorang pemimpin perubahan.
Kepala Puslatbang KMP, Andi Taufik mengatakan laporan penyelenggaraan pelatihan menyampaikan, selama pelaksanaan PKN Tingkat II Angkatan X telah dilaksanakan berbagai evaluasi yang terdiri dari evaluasi peserta, evaluasi tenaga pelatihan dan evaluasi penyelenggaraan.
“60 peserta PKN Tk. II Angkatan X Tahun 2022 dinyatakan lulus dengan kualifikasi, 24 peserta sangat memuaskan dan 36 orang peserta dengan kualifikasi memuaskan,” beber Andi Taufik.
Sementara Gubernur Sulsel diwakili Kepala BPSDM, Asri Sahrun Said mengucapkan selamat kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan kepemimpinan nasional. (ady/C)

The post Kepala Bappelitbangda Peserta Terbaik PKN appeared first on Berita Kota Makassar.

source