Kemenpora Belum Respons Pembangunan Stadion Sudiang
axel wiryanto
Tuesday, 14 November 2023 22:47 pm
dibaca 96 kali

MAKASSAR, BKM — Rencana pembangunan Stadion Sudiang belum juga mendapat kejelasan. Saat ini masih berproses di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora). Menpora belum juga memberikan jawaban terkait pembangunan tersebut. Untuk itu, minggu depan pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel akan menemui Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo, di Jakarta.

“Sampai saat ini kan masih sementara (berproses). Minggu depan saya coba lagi ke Jakarta untuk bisa komunikasi dengan Menpora. Namanya kan kita bermohon,” ucap Kadispora Sulsel H Suherman di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (13/11).

Suherman belum bisa memastikan kapan pastinya akan dilakukan pembangunan Stadion Sudiang itu. Walau begitu, pihaknya terus melakukan upaya agar pemerintah pusat bisa membangun stadion di Sudiang.

“Intinya kita akan kembalikan ini Sudiang menjadi sport center. Kita mencari bagaimana dana dari pusat, dananya ke Sulsel untuk bangun stadion. Ini sementara diupayakan,” ujarnya.

Sejauh ini, katanya Suherman, Menpora dan PSSI merespons dengan baik terkait pembangunan Stadion Sudiang ini. Lebih jauh, Suherman juga menyebut, rencana pembangunan Stadion Sudiang ini tidak akan menghentikan pembangunan stadion lainnya yang telah direncanakan sebelumnya, seperti Mattoanging dan Barombong.

“Supaya kita punya stadion semakin banyak, bukan berkurang, tapi semakin banyak, ada Mattoanging dan Barombong. Sudiang ini akan kita bangun juga, bukan karena harus dihilangkan salah satunya, tapi tetap semua dibangun. Kalau sudah clear lahannya pasti kita bangun. Kita tidak akan meninggalkan barang mangkrak begitu. Pasti kita akan lakukan pembangunan,” lanjutnya.
Suherman memilih Sudiang karena proses hukum dan lainnya tidak ada di Sudiang. Berbeda dengan Barombong dan Mattoanging yang masih berproses hukumnya.

“Kan kita sudah tahu di situ (Mattoanging dan Barombong) proses hukum masih berjalan. Biarlah proses hukum itu clear. Sama juga dengan Barombong, kita selesaikan dulu. Yang mau saya lakukan adalah lahan yang clear dulu,” tukasnya.

Untuk informasi, proposal pembangunan Stadion Sudiang ini telah diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ke Menpora saat Dito menghadiri pelantikan Wakil Bupati Luwu Timur Akbar Leluasa di Kantor Gubernur Sulsel, 5 Oktober lalu. (jun)

source