Kembangkan Model PIFMI, Dosen UKI Toraja Raih Doktor di UNM
axel wiryanto
Friday, 28 October 2022 02:27 am
dibaca 511 kali

MAKASSAR, BKM — Penalaran berperan penting terhadap proses berpikir peserta didik. Untuk itu, pembelajaran daya nalar peserta didik hendaknya menjadi orientasi bagi semua pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran IPA Fisika, sehingga proses ilmiah yang melekat pada bidang studi IPA Fisika sebagai bidang studi hapalan (verbalistik) sedikit demi sedikit dapat dihilangkan.

Hal itulah yang mendorong Perdy Karuru untuk mengembangkan suatu model pembelajaran yang relevan dan signifikan sebagai upaya meningkatkan daya nalar peserta didik. Ia menuangkannya dalam disertasi berjudul Pengembangan Model Pembelajaran IPA Fisika Berorientasi Multi Interaksi untuk Meningkatkan Daya Nalar Peserta Didik.

Disertasi Perdy Karuru dipertahankan pada Sidang Ujian Promosi Doktor yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Oktober 2022, ertempat di Aula Lantai 5 Gedung AD Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sidang ujian promosi doktor untuk meraih gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Pendidikan dipimpin Prof.Dr. Anshari, M.Hum. yang juga bertindak selaku kopromotor dengan anggota penguji Prof.Dr. Patta Bundu, M.Ed., Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd., Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si., dan Prof.Dr. Andi Sukri Syamsuri, A.Md., S.Pd., M.Hum.

Dosen Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja ini menghasilkan model pembelajaran IPA Fisika Berorientasi Multi Interaksi (PIFMI) untuk Meningkatkan Daya Nalar Peserta Didik. Model PIFMI dikembangkan dengan mengacu pada lima fase model Plomp, yaitu investigasi awal, disain, realisasi/konstruksi, evaluasi dan revisi, serta implementasi.

The post Kembangkan Model PIFMI, Dosen UKI Toraja Raih Doktor di UNM appeared first on Berita Kota Makassar.

source