Site icon ROVINDO

Kembangkan Model Antenatal Care, Dosen Politeknik Mega Rezky Raih Doktor di UNM

MAKASSAR, BKM — Faktor dominan yang menjadi sorotan sebagai penyebab tingkat kematian bayi adalah pengetahuan ibu hamil tentang risiko kematian bayi. Risiko kematian ibu juga tidak lepas dari pengetahuannya tentang gaya hidup yang tepat saat menjalani masa kehamilan.

Upaya pencapaian target derajat kesehatan yang terkait dengan ibu hamil adalah penyediaan tenaga kesehatan profesional yang kompeten mengedukasi ibu hamil hingga saat menjelang persalinan dan dukungan pada beberapa pekan setelah melahirkan (perawatan nifas). Pelayanan ibu hamil tersebut dikenal sebagai antenatal care.

Secara spesifik, pada antenatal edukasi, kader kesehatan diharapkan dapat mengedukasi ibu hamil sehingga memiliki pengetahuan dan sikap yang baik terhadap pencegahan resiko kegagalan kehamilan. Namun, dukungan tersebut masih minim karena ketidakmampuan kader memberi edukasi tentang pola hidup yang tepat agar ibu hamil dapat menjalani kehamilan dengan baik dan melalui proses kelahiran dengan baik.

Hal itu diungkapkan Dian Meiliani Yulis ketika mempertahankan disertasinya pada sidang ujian promosi doktor untuk meraih gelar doktor dalam bidang PKLH, Rabu, 16 November 2022 di Aula Lantai 5 Gedung AD Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM). Disertasinya berjudul Model Edukasi Antanatal bagi Ibu Hamil di Kota Makassar.

Sidang ujian promosi doktor dipimpin Prof.Dr. Anshari, M.Hum. dengan anggota Prof.Dr. Ir. Muhammad Yahya, M.Kes.,M.Eng.,IPU.,ASEAN Eng. selaku promotor, Dr. Moh. Ahsan S. Mandra, ST.MT., selaku kopromotor, Dr. Andi Asmawati, M.Si., Prof. Dr. Ir. Nurulita Pertiwi, M.T., Prof.Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd., dan Dr. Andi Maulana, M.Pd. selaku penguji eksternal.

The post Kembangkan Model Antenatal Care, Dosen Politeknik Mega Rezky Raih Doktor di UNM appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version