Kelompok Budidaya Rumput Laut Takalar Terima Bantuan dari Dinas Perikanan
axel wiryanto
Sunday, 22 October 2023 01:04 am
dibaca 95 kali

TAKALAR, BKM — Untuk mengakselerasi komitmen pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup lebih baik bagi masyarakat pesisir, Dinas Perikanan Takalar mengucurkan sejumlah bantuan sarana dan prasarana (sarpras). Bantuan ini dikucurkan kepada petani budidaya rumput laut, di Kecamatan Mangngarabombang. Penyerahan bantuan sarana dan orasarana secara simbolis itu berlangsung di Desa Punaga.

Sebanyak 13 kelompok tani budidaya rumput laut menerima bantuan.

Dalam kesempatan tersebut, penyerahan bantuan juga diwarnai launching sistem informasi bantuan budidaya serta layanan dari pemerintah (Sibuntal Merah) yang dihadiri Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad.
Pj bupati Takalar mengatakan, keberadaan Takalar sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di Sulsel, tentunya menjadi sebuah peluang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

”Bantuan ini merupakan stimulan bagi masyarakat untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan nilai produksi budidaya,” kata Setiawan Aswad, Kamis (19/10.)
Sekadar diketahui, Kabupaten Takalar memiliki panjang garis pantai kurang lebih 74 Km dan memiliki 7 kecamatan yang memiliki kawasan pesisir.

Dimana, sebagian besar masyarakatnya adalah petani rumput laut.
”Total luas keseluruhan kawasan budidaya di Kabupaten Takalar adalah 7.584,48 Ha yang terbagi atas luas lahan budidaya tambak sederhana 3.979,3 Ha dan luas lahan budidaya rumput Laut 3.400 Ha,” urainya.
Adapun bantuan yang diserahkan adalah Sarpras Polikultur kepada 10 kelompok, bantuan Sarpras bandeng 8 kelompok, bantuan Sarpras ikan lele 4 kelompok, bantuan Sarpras ikan nila 3 kelompok, bantuan Sarpras udang 1 kelompok, bantuan kolam terpal dan benih lobster 1 kelompok dengan Jumlah kelompok sebanyak 41.
Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Takalar, H Baso Sau, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Budidaya, Nurhidayat Abdullah Dg Masuro, camat Mangngarabombang serta seluruh Kades di wilayah ini. (ira/c)

The post Kelompok Budidaya Rumput Laut Takalar Terima Bantuan dari Dinas Perikanan appeared first on Berita Kota Makassar.

source