Kapolres Pimpin Sispamkota di Mapolres
axel wiryanto
Sunday, 04 August 2024 09:21 am
dibaca 80 kali

SOPPENG, BKM — Polres Soppeng menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam upaya antisipasi dan mempersiapkan pengamanan untuk menyukseskan Pemilukada Serentak 2024 -2025 di Halaman Mapolres Soppeng, Jumat (2/8).

Hadir Waka Polres Soppeng Kompol H Muhiddin Yunus, Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi, Ketua KPU Soppeng diwakili Kasubag Keuangan KPU Fitriana Aras PJU Polres Soppeng, Damkar Kabupaten Soppeng serta Dishub Kabupaten Soppeng.
Latihan Sispamkota fokus pada simulasi pengamanan setiap tahapan pemilukada Serentak Bupati dan Wakil Bupati baik termasuk pengendalian massa.

“Kegiatan hari ini adalah simulasi sistem pengamanan kota bagi petugas yang terlibat dalam pengamanan pada setiap tahapan Pemilu,” ujar Kapolres Soppeng AKBP H Muhammad Yusuf Usman usai simulasi.
Menurut Kapolres, Sispamkota menjelang Pemilukada 2024-2025 digelar untuk antisipasi dan kesiapan petugas dalam menghadapi gangguan Kamtibmas. “Harapan kami Pemilukada berjalan lancar dan aman, tidak terjadi sesuatu hal seperti dalam simulasi yang kami gelar saat ini,” terangnya.
Simulasi pengamanan pilkada diskenariokan ada demonstrasi dari massa pendukung salah satu Palson yang tidak puas dengan setiap tahapan pemilu. Massa bergerak mendatangi Gedung KPU dan pengunjuk rasa mulai melempari petugas dengan berbagai material serta merusak fasilitas umum.

Menghadapi massa yang kian beringas, ratusan personel pengamanan langsung bertindak membubarkan massa yang dibantu menggunakan mobil Damkar dari Dinas Damkar Pemkab Soppeng. Pengunjuk rasa berhasil dipukul mundur oleh petugas dan sehingga petugas berhasil mengendalikan situasi dan mengamankan para pengunjuk rasa yang anarkis dan yang dianggap provokator.
“Kami terus bersinergi dengan seluruh unsur pengamanan lainnya demi menjaga Kamtibmas di Kabupaten Soppeng, termasuk menghadapi potensi konflik selama Pemilukada 2024. Karena ini merupakan gambaran bentuk penanganan terhadap masyarakat yang anarkis.

Dengan adanya latihan Sispamkota Polres Soppeng menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilukada 2024. Langkah ini diharapkan dapat memastikan bahwa masyarakat dapat menjalankan hak demokratis mereka dengan aman dan damai, serta memberikan rasa tenang bagi semua pihak yang terlibat dalam proses demokrasi tersebut. (ono/C)

source