Kakanwil Kemenkumham Hadiri Pameran Nasional
axel wiryanto
Thursday, 01 December 2022 13:18 pm
dibaca 298 kali

RANTEPAO, BKM — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel Liberti Sitinjak menghadiri pameran nasional kain tradisional nusantara digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara di Gedung Pemuda AA Van De Loosdrecht, Rantepao, Senin (28/11).

Kegiatan dengan tema Menjadikan Kain Nusantara Mendunia diikuti sembilan Museum dari berbagai Provinsi. Liberti Sitinjak menyerahkan sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Tenun Toraja kepada Bupati Toraja Utara, selanjutnya ke Wakil Ketua Dekranasda Torut Damayanti Batti’. Pameran berlangsung selama tiga hari mulai (28-30/11).

Museum yang turut berpartisipasi, selain Museum Sono Budoyo Yogjakarta, juga Museum Pongtiku Toraja Utara, museum Sang Nila dari Riau, museum dari Sumatera Utara, Museum dari Jawa barat, Museum dari Papua, museum dari Sulawesi Barat, Museum dari Sulawesi Tenggara dan lainnya.
Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang (Ombas) membuka pameran katakan apresiasi atas partisipasi dari Sembilan museum berpartisipasi kegiatan ini. Menurut Ombas, Pihaknya melaksanakan kegiatan ini bentuk tanggung jawabnya melestarikan budaya nusantara.

Menurut Liberti, luar biasa kegiatan pameran diinisiasi Bupati memperkenalkan dan melestarikan kain tradisional kepada para pemuda dan masyarakat dunia dan juga semangat bupati melestarikan budaya nusantara dengan terbitnya 15 sertifikat KIK untuk Tenun Sa’dan Toraja.
Liberti didampingi Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Mohammad Yani, Kepala Rutan Makale Luther P Toding kagum akan keindahan bebagai macam kain tradisional yang di pamerkan kesembilan Museum.
Bahkan Kakanwil dan rombongan belanja baju khas toraja terbuat dari kain tradisional dari pengrajin UMKM di Toraja Utara, sekaligus wujud pemulihan ekonomi. (gus/C)

The post Kakanwil Kemenkumham Hadiri Pameran Nasional appeared first on Berita Kota Makassar.

source