Site icon ROVINDO

Kaji Pascakonflik Poso Antar Dosen Unkrit Raih Doktor di UNM

MAKASSAR, BKM — Reintegrasi sosial dimaknai sebagai salah satu upaya untuk membangun lagi kepercayaan sosial setelah terjadinya disintegrasi sosial. Pascakonflik komunal berkepanjangan, masyarakat Poso diperhadapkan pada situasi sosial yang tidak dapat diprediksi sehingga masyarakat mudah khawatir dengan ancaman teror dan radikalisme.

Hal itu melandasi Henry A Ruagady meneliti reintegrasi sosial pascakonflik Poso dengan judul disertasi Reintegrasi Sosial Pasca Konflik Poso (Studi Komparasi Islam dan Kristen di Kelurahan Sayo dan Kelurahan Pamona), yang dipertahankan dalam sidang ujian promosi doktor secara virtual pada Kamis, 24 November 2022 untuk meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Sosiologi pada Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sidang ujian promosi doktor dipimpin Prof.Dr. Anshari, M.Hum. dengan anggota Prof.Dr.Ir. Darmawan Salman, M.S., Prof.Dr. Andi Agustang, M.Si., Prof.Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd., Dr. Muhammad Syukur, M.Si., Prof.Dr. Syamsu Andi Kamaruddin, M.Si., Prof.Dr. Jumadi Sahabuddin, S.Pd., M.Si., dan Prof. Dr. Anzar Abdullah, M.Pd.

Menurut dosen Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Poso, problema baru muncul pascaterjadinya konflik Poso, yaitu segragasi sosial antara kedua belah pihak yang menempati wilayah yang berbeda, yaitu Kelurahan Sayo yang dominan memeluk agama Islam dan Kelurahan Pamona yang dominan memeluk agama Kristen.

Hasil temuan riset Ketua Program Studi Sosiologi Fisip Unkrit, yaitu pertama, reintegrasi sosial Islam dan Kristen di Kelurahan Sayo dan Kelurahan Pamona pascakonflik poso, meliputi (a) membangun kepercayaan antara pihak umat Islam dan Kristen dalam wujud membudayakan tolerasi, saling menghormati, menghargai, menghidupi,
dan mengasihi; meningkatkan peran tokoh agama dalam memberi siraman rohani yang menyejukkan; menanamkan sikap loyalitas pada warga; menanamkan sikap saling percaya melalui pendidikan keluarga; (b) penguatan identitas bersama; (c) penguatan melalui kegiatan bersama; dan (d) pembuatan kebijakan yang pro reintegrasi. Dalam mewujudkan reintegrasi warga Islam dan Kristen, keduanya memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan perdamaian abadi.

The post Kaji Pascakonflik Poso Antar Dosen Unkrit Raih Doktor di UNM appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version