Kadis PUTR Enrekang Raih Doktor di UNM , Ini Kajian Disertasinya
axel wiryanto
Friday, 23 September 2022 05:44 am
dibaca 261 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kabupaten Enrekang di Provinsi Sulawesi Selatan telah mengadopsi dan mengimplementasikan manajemen perubahan sejak tahun 2011. Tidak hanya terbatas pada perubahan pola pikir (mindset) dan budaya kerja, tapi juga pada perubahan struktur dan sistem.

Hal itu melandasi pikiran Andi Sapada untuk mengungkap secara mendetail dan komprehensif bagaimana implementasi manajemen perubahan pemerintahan di Kabupaten Enrekang. Hasil kajian itu dituangkan dalam disertasinya dengan judul Implementasi Manajemen Perubahan Pemerintahan di Kabupaten Enrekang yang dipertahankan dalam sidang ujian promosi doktor pada Rabu, 21 September 2022, di Ballroom Teater Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sidang ujian promosi untuk meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Administrasi Publik di Program Pascasarjana (PPs) dipimpin Rektor UNM Prof.Dr.Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng., Sekretaris Direktur PPs Prof.Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd., dengan anggota Prof.Dr.Ir. Jasruddin, M.Si., Prof.Dr. Rifdan, M.Si., Prof.Dr. Haedar Akib, M.Si., Prof.Dr. Chalid Imran Musa, M.Si., dan Prof.Dr. Muhammad Akmal Ibrahim, M.Si.

Hasil riset Kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Kadis PUTR) Kabupaten Enrekang itu menunjukkan, pertama, implementasi manajemen perubahan pemerintahan pada level sistem secara umum belum efektif, yang ditandai penjabaran tanggung jawab organisasi telah menggunakan paradigma New Public Management (NPM). Akan tetapi, masih dipengaruhi paradigma Old Public Administration (OPA). Pelaksanaan kekuasaan diskresioner pejabat cenderung bersifat de facto dan pemerintah daerah masih mengandalkan perangkat strategic leadership interfaces konvesional.

The post Kadis PUTR Enrekang Raih Doktor di UNM , Ini Kajian Disertasinya appeared first on Berita Kota Makassar.

source