Jemput Bola dan One Stop Service Bagi JCH Lansia
axel wiryanto
Kamis, 25 Mei 2023 07:30 am
dibaca 69 kali

MAKASSAR, BKM — Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Makassar sudah mulai masuk Asrama Haji Sudiang, Senin (22/5). Dari jumlah 393 JCH beserta petugas haji, terdapat 82 jemaah lansia, dengan rincian jemaah laki-laki sebanyak 32 orang dan perempuan 50 orang. Mereka berumur antara 65 sampai 90 tahun.

Untuk jemaah termuda di Kloter I ini usianya 21 tahun. Ia bernama Mutiah Amalia Maskur. Berasal dari Kota Makassar. Sementara jemaah tertua berusia 90 tahun atas nama Daeng Mile Kobang.
Dengan mengusung tagline Haji Ramah Lansia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar berusaha meningkatkan layanan, utamanya bagi lansia.

Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Ali Yafid menyatakan, Asrama haji Sudiang Makassar menerapkan one stop service. Hal tersebut, kata dia, setelah tertunda karena pandemi, jemaah haji Lansia tahun ini meningkat signifikan. Jumlahnya mencapai 67.000, atau sekitar 30 persen dari total kuota jemaah haji seluruh Indonesia.

“Mekanisme layanan One Stop Service yang diterapkan saat penerimaan, bertujuan untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan waktu layanan agar lebih cepat. Sehingga jemaah haji kita memiliki banyak waktu untuk istirahat dan manasik selama di asrama haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci,” papar Ali di Asrama Haji, Makassar, Selasa (23/5).

Dia melanjutkan, one stop service tersebut meliputi pembagian lembar akomodasi, penyerahan gelang identitas jemaah haji, penyerahan living cost dan pemeriksaan kesehatan jemaah dan WUS (Wanita Usia Subur) di satu lokasi yang sama, yakni Aula Arafah Asrama haji.

The post Jemput Bola dan One Stop Service Bagi JCH Lansia appeared first on Berita Kota Makassar.

source