Janji Benahi Jaringan Pipa Pao-pao Pekan ini
axel wiryanto
Kamis, 02 Juni 2022 18:51 pm
dibaca 310 kali

GOWA, BKM — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa, saat ini tengah menghadapi permasalahan besar. Dimana, seluruh pipa air bersih sebagian besar sudah keropos. Sehingga sudah memasuki masa rehab.

Hanya saja, PDAM Gowa kesulitan anggaran. Karena rehab ini akan memakan biaya besar. Karenanya, rehab harus dilakukan secara bertahap. Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang Gowa, Hasanuddin, Kamal yang dikonfirmasi BKM, Senin (30/5), mengatakan, saat ini pihaknya memang sedang butuh melakukan rehab pipa untuk semua jaringan pipa. Hanya saja, pihaknya terbentur biaya.

”Iya, semua pipa sudah mesti direhab tapi masalahnya biayanya besar sekali. Karena itu penggantian pipa-pipa ini sementara kita upayakan secara bertahap,” jelas Hasanuddin Kamal.
Salah satu jaringan pipa yang saat ini dikerjakan adalah jaringan pipa di wilayah Pandang-pandang. Ditanya soal aduan masyarakat pelanggan di wilayah perumahan Pao-pao Permai. Dimana, menurut pelanggan air di wilayah tersebut, sudah empat bulan layanan air bersih ngadat dengan kondisi air bau dan warna tidak jernih.

Ketua RW Perumahan Pao-pao, Yusuf Toyo, mengatakan, kondisi air PDAM yang mengalir di perumahannya sudah tak layak dikonsumsi. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga setempat menggunakan air galon baik untuk mandi terlebih untuk memasak.
”Kami berharap kondisi aliran air ke perumahan Pao-pao Permai bisa segera diperbaiki, semoga segera bisa dibantu,” kata Yusuf Toyo.
Menyikapi ini, Dirut PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal, mengatakan, untuk pembenahan saat ini pihaknya melakukan bertahap. ”Saya sudah usulkan ke PU tapi belum ada respon jadi kami (PDAM) beli pipa sendiri sedikit-sedikit untuk melakukan pembenahan jaringan bermasalah. Insha Allah secepatnya kami turunkan anggota untuk melakukan rehab pipa pelintas yang keropos di Pao-pao,” kata ketua Perpamsi Sulsel ini.
Dia menjelaskan, sebenarnya yang menyebabkan bau got itu karena pipa pelintas dari jaringan yang masuk kedalam rumah pelanggan rata-rata sudah keropos. ”Karena pipa keropos maka ada intrusi air got masuk terisap apalagi saat tekanan rendah atau mati. Tentulah air got masuk ke rumah. Ini yang menjadi perhatian kami. Tapi insha Allah dalam waktu dekat ini kami segera melakukan penggalian untuk penggantian sadel dan pelintas, mohon dukungan warga,” kata Hasanuddin Kamal sembari mengatakan pihaknya segera mengkoordinasikan dengan Bagian Perencanaan. (sar)

The post Janji Benahi Jaringan Pipa Pao-pao Pekan ini appeared first on Berita Kota Makassar.

source