Jalan Poros Provinsi di Tondong Tallasa Longsor
axel wiryanto
Saturday, 31 December 2022 09:05 am
dibaca 128 kali

PANGKEP, BKM — Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Tondong Tallasa di Kabupaten Pangkep menyebabkan jalan poros provinsi di desa Malaka mengalami longsor sekitar 30 meter. Peristiwa longsor ini terjadi Sabtu malam (24/12) yang mengakibatkan akses jalan dari Tondong ke Pangkajene terhambat.

Camat Tondong Tallasa, Imran Fattah, ketika dihubungi pada Selasa(27/12), membenarkan adanya peristiwa longsor jalan provinsi di dlDesa Malaka.

Jalur jalan ini berada di sepanjang bantaran sungai. Sehingga jalan ini rawan longsor.

Dijelaskan Imran, saat musim hujan dengan intensitas tinggi seperti sekarang, sangat berpotensi terjadi longsor di wilayah ketinggian.
”Untuk sementara di jalur jalan yang longsor masih bisa dilewati roda empat dengan muatan tidak terlalu berat.

Tetapi untuk truk besar yang biasa memuat silika, untuk sementara tidak boleh melewati jalur tersebut,” kata Imran.

Jalan longsor di desa Malaka merupakan satu-satunya jalur jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Tondong Tallasa dengan Kota Pangkajene (ibukota Pangkep). Sehingga dengan adanya peristiwa longsor tersebut menyebabkan akses warga terhambat.

Tetapi, kata Camat Tondong Tallasa, Imran Fattah, saat ini sudah ada tim dari Dinas PU Provinsi Sulsel yang datang meninjau jalur jalan provinsi ini.
”Masyarakat Tondong Tallasa berharap pihak Dinas PU Provinsi segera mengambil langkah cepat untuk memperbaiki jalur jalan tersebut, demi mempercepat akses di jalan tersebut. Apalagi jalan ini merupakan satu-satunya yang menghubungkan dengan ibukota kabupaten,” pungkasnya. (udi/c)

The post Jalan Poros Provinsi di Tondong Tallasa Longsor appeared first on Berita Kota Makassar.

source