Jaga dan Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Tim PPSDMPL Kemenhub Monev di Polimarim AMI
axel wiryanto
Saturday, 03 September 2022 11:58 am
dibaca 191 kali

MAKASSAR, BKM — Tim dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Kamis, 1 September 2022.

Kegiatan monitoring dan evaluasi dari tim Pusbang SDM Perhubungan Laut atau PPSDMPL yang berjumlah tiga orang.

Monev dipimpin Kepala Bidang Pendidikan PPSDMPL Kemenhub Capt Samuel Palembangan, MT,. Mmar, didampingi Kusuma Dhipanusa,SST.,Pel (Kasubbid Program Pendidikan PPSDMPL) dan Junian Budi Argo,SST.,Pel (Perencana Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan PPSDMPL).

“Kedatangan kami di Politeknik Maritim AMI Makassar ini untuk melakukan monitoring dan evaluasi atau monev. Kegiatan ini bagian dari usaha Pusbang SDM Perhubungan Laut untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Samuel.

Samuel menegaskan, kegiatan monev itu berbeda dengan audit. “Jadi yang kita lakukan hari ini adalah monev. Bukan audit. Semoga tidak salah memahami. Karena memang ini dua hal yang berbeda,” jelasnya.

Monitoring adalah upaya mengamati, memeriksa dan menangkap gambaran situasi/keadaan, secara sistematis, pada periode waktu tertentu, terhadap subyek pemantauan. Dalam hal ini adalah pendidikan tinggi penyelenggara diklat kepelautan.

Sedangakan evaluasi adalah upaya atau proses sistematis untuk menentukan apakah obyek yang dinilai itu layak, berharga, menjalankan proses sesuai ketentuan.

Dibandingkan dengan evaluasi yang berfokus pada proses menilai, kegiatan monitoring berfokus pada tracking perubahan yang ada.

The post Jaga dan Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Tim PPSDMPL Kemenhub Monev di Polimarim AMI appeared first on Berita Kota Makassar.

source