Ikramullah Akmal Wisudawan Terbaik dan Termuda Program Doktoral Unhas
axel wiryanto
Saturday, 01 July 2023 14:31 pm
dibaca 128 kali

MAKASSAR, BKM — Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr Muhammad Ikramullah Akmal menjalani wisuda program doktor pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin periode Juni Tahun Ajaran 2022/2023, Selasa, 27 Juni 2023 di Baruga Andi Pangerang Petta Rani, Makassar. Dirinya mendapatkan piagam penghargaan dari rektor sebagai alumni tebaik tingkat universitas.

Selain terbaik, Ikramullah juga merupakan alumni termuda untuk strata S3 di usia 29 tahun.

Ia merasa bersyukur setelah menuntaskan perkuliahannya. ”Saya sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan studi pada program doktoral di Unhas, meskipun melalui beberapa fase yang cukup panjang di tengah kesibukan pekerjaan,” ujarnya.

Ia juga bersyukur karena didaulat sebagai wisudawan terbaik dan termuda program doktor Universitas Hasanuddin.

Doktor muda asal Bone ini menyebut, ia menuntaskan kuliah dengan mengambil riset soal energi baru
dan terbarukan.

“Dalam beberapa periode terakhir, isu energi baru dan terbarukan menjadi salah satu pembicaraan hangat. Karenanya, saya mengambil judul disertasi Governance Network pada Kebijakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia,” terangnya.

Dr Ikramullah Akmal melanjutkan, EBT merupakan energi masa depan. “Energi baru dan terbarukan adalah energi yang diharapkan akan mendominasi di masa depan. Sebab, EBT ini lebih ramah lingkungan, lebih bersih dan murah, serta menjadi jawaban atas persoalan climate change yang tengah dihadapi berbagai negara, termasuk Indonesia,” ungkap Ikramullah Akmal.

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan pentingnya governance network. “Selama ini kita ingin membangun kebijakan EBT yang kuat. Namun, kebijakan ini tidak didukung dengan pola hubungan antarlembaga yang baik.

Karenanya, disertasi saya memberikan pandangan dan pola hubungan yang baik, efektif, dan efisien sehingga kebijakan EBT ini dapat segera terwujud secara sempurna,” ungkap  Ikramullah Akmal.

Ia berharap, penelitiannya dapat menjadi salah satu acuan dalam pengambilan kebijakan. “Saya sangat berharap, disertasi kami bisa membantu pemerintah dan stakeholders lainnya dalam pengambilan kebijakan yang lebih komprehensif.

Cita-cita kita bersama, EBT ini bisa membantu kebijakan zero emission pada tahuj 2045,” kuncinya. (rls)

The post Ikramullah Akmal Wisudawan Terbaik dan Termuda Program Doktoral Unhas appeared first on Berita Kota Makassar.

source