IAIN Parepare Kerjasama Dengan 7 Bawaslu
axel wiryanto
Sunday, 28 August 2022 13:04 pm
dibaca 209 kali

SOPPENG, BKM–Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Kabupaten Soppeng dan Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melakukan penandatanganan kerjasama (MoU dan MoA),di Gedung Rektorat IAIN Parepare, Kamis (25/8).
Jalinan kerja sama ini dilakukan dengan tujuh Bawaslu Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, diantaranya Bawaslu Parepare, Barru, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Soppeng dan Wajo.

Agenda penanda tanganan MoU dan MoA ini merupakan rangkaian dari kegiatan FGD (Focuss Group Discussion) yang mengusung tema ‘Peran Bawaslu dan Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Electoral Justice pada Pemilu 2024’.
Dalam rumusannya meliputi penyusunan langkah-langkah tindak lanjut dari MoU dalam meningkatkan
peran Perguruan Tinggi dalam memberikan pemahaman kepemiluan kepada masyarakat, panduan KKN Tematik bagi mahasiswa, diskusi dan riset untuk kedepannya.
Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan HL Arumahi mengungkapkan bahwa MoU merupakan salah satu sarana Bawaslu dengan segala keterbatasan seiring banyaknya tupoksi yang mau dijalankan jelasnya
“Bawaslu dengan segala keterbatasan butuh jejaring yang kuat untuk sosialisasi demokrasi yang baik sebagai Penyelenggara Pemilu”, kata Arumahi.
Lebih lanjut Arumahi menyampaikan, kampus merupakan civitas akademik di mana ada dosen, mahasiswa dan pegawainya yang memiliki hak dan kewajiban dalam pelaksanaan Pemilu.

Selain itu kampus juga sebagai pusat kajian-kajian kritis terhadap tupoksi Pengawas Pemilu, pemberi saran untuk Pengawas Pemilu, serta melalui kegiatan kampus juga dapat ikut mengajak masyarakat umum melalui
kegiatan KKN Tematik nantinya.
Rektor IAIN Parepare menyatakan kesiapan untuk menjadi bagian dari program pengawasan kepemiluan, baik tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota.
Pihak IAIN sudah siapkan dosen dan mahasiswa dalam membantu Bawaslu untuk memberikan edukasi dan pemahaman yang komprehensif.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng Winardi mengapresiasi kerja sama ini dan sedapatnya pasca kerjasama ini ditandatangani ada tindaklanjut bahwa kerja sama ini meramu misalnya pencegahan politik uang, netralitas ASN, penyebaran berita hoax dan kampanye hitam dan lainnya serta menjadi angin segar yang tentu

The post IAIN Parepare Kerjasama Dengan 7 Bawaslu appeared first on Berita Kota Makassar.

source