HMJ Keperawatan UINAM Sukses Gelar ANC 2024
axel wiryanto
Tuesday, 25 June 2024 20:45 pm
dibaca 155 kali

MAKASSAR, BKM — Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) sukses menyelenggarakan ANC (Alauddin Nursing Competition) 2024. Acara tahunan yang bertujuan mengembangkan potensi generasi muda Indonesia ini mengusung tema Berantas TBC, Menuju Indonesia Sehat dan Bebas Tuberculosis.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 21-22 Juni 2024. Menampilkan tiga cabang lomba nasional, masing-masing lomba video edukasi, lomba poster dan lomba essai ilmiah. Terhitung 66 tim dari 35 perguruan tinggi di seluruh Indonesia ikut ambil bagian dalam ANC 2024.

Sebanyak 15 tim dari 11 perguruan tinggi terpilih menjadi finalis dan hadir di Makassar. Yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, Stikes Telogorejo Semarang, Universitas Islam Malang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tanjungpura, Universitas Warmadewa, Politeknik Kesehatan Yogyakarta, Stikes Surya Global Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

“Dari 60 tim yang telah terseleksi hingga menjadi 15 tim terbaik yang didatangkan ke Kota Makassar. Adapun rangkaian kegiatan hari pertama yakni pembukaan dan presentasi hasil karya. Sementara di hari kedua, peserta diajak melihat keindahan Kota Daeng melalui kegiatan city tour,” ujar Ketua Panitia Anwarul Mu’minin.

Kegiatan city tour dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa tempat. Diantaranya Rammang-rammang di Maros, Benteng Rotterdam, Masjid 99 Kubah dan yang terakhir ke Pantai Losari, Makassar.

Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan UINAM Prof. Dr. Muhammad Khalifah Mustamin, S.Ag.,M.Pd mengapresiasi kinerja panitia dalam mempersiapkan kompetisi nasional ini.

“Kegiatan ANC ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Luar biasanya itu karena dengan mengikuti event
seperti ini, baik tingkat regional maupun nasional pasti banyak manfaatnya. Melalui kompetisi, para
peserta dapat mengaktualisasikan kemampuannya dalam berbagai bentuk, misalnya video edukasi
dan sebagainya,” ujarnya.

Salah satu peserta yang hadir di Makassar memberikan pesan agar kegiatan seperti ini terus dilaksanakan oleh HMJ Keperawatan UINAM, sekaligus berharap ke depannya bisa lebih ditingkatkan. “Memang tidak ada yang sempurna, tapi semua rangkaian sudah berjalan lancar dan keren,” ucapnya.

ANC 2024 menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa dapat menciptakan platform yang kuat untuk inovasi dan pengembangan diri. Dengan semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dan panitia penyelenggara beserta jajarannya, ANC 2024 diharapkan dapat terus berkembang dan berkelanjutan untuk menjadi wadah penyaluran potensi yang dimiliki oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. (rls)

source