Site icon ROVINDO

Hindari Penelantaran, PSKH Unhas Gelar Sterilisasi Anjing dan Kucing

MAKASSAR, BKM — Program Studi Kedokteran Hewan (PSKH) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dan Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Unhas dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Beserta Komunitas Pecinta Kucing Seluruh Indonesia (KPKSI) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Mengusung tema Sterilisasi Anjing dan Kucing Sebagai Upaya Makassar Bebas Hewan Liar, kegiatan yang bekerja sama dengan LPPM Unhas Makassar ini dilaksanakan di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unhas Makassar, Sabtu, 29 April 2023.

Ketua Panitia Kegiatan drh. Dian Fatmawati, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing. Karena populasi kedua jenis hewan tersebut semakin meningkat, membuat mahasiswa PSKH Unhas membuat program sterilisasi.

Sterlisasi ini bertujuan agar hewan peliharaan dapat dikontrol dan menghindari penelantaran anjing dan kucing. Hal itu dikarenakan tingginya biaya hidup dari pemeliharaan anjing maupun kucing yang juga akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah hewan peliharaan.

Selain itu, strerilisasi juga berguna untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat ditularkan dari hewan liar, seperti penyakit rabies dan sebagainya. Peran mahasiswa, jelas Dwi, turut membantu mencari dan mengontrol hewan liar, lalu kemudian mensosialisasikannya kepada masyarakat tentang pentingnya sterilisasi agar terhindar dari penyakit rabies.

Salah seorang anggota tim drh Rini Amriani, M.Biomed, menambahkan untuk lebih memudahkan kerja-kerja organisasi, pihaknya telah membentuk tim yang terdiri dari drh Dian Fatmawati, M.Biomed selaku Ketua Tim, drh. Rini Amriani, M.Biomed, drh. Muh. Zulfadillah Sinusi, M.Sc, drh. Macruf Arif, M.Sc masing-masing sebagai anggota. Mereka dibantu dengan empat dokter lainnya yaitu drh Musdalifah, M.Biomed, drh Muh Danawir Alwi, drh. Suci Ramadhani dan drh Annisa Putri.

Tim yang dibentuk, jelas Rini, telah menerbitkan buku saku kemudian diserahkan secara gratis kepada pemilik kucing yang telah disterilisasi. Kegiatan sterilisasi dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama pada Sabtu (29/4). Selanjutnya akan dilaksanakan pertengahan bulan Mei mendatang.

Sebanyak tujuh tim dokter dikerahkan dalam kegiatan ini. Untuk sesi pertama sudah ada 20 ekor hewan peliharaan yang disterilisasi. Terdiri dari lima ekor anjing dan 15 ekor kucing.

“Sterilisasi ini menjadi sebuah bentuk pengabdian dengan subsidi biaya yang harusnya dikeluarkan oleh pemilik kucing sebesar Rp500 ribu sampai Rp1 juta jika ingin melakukan sterilisasi di klinik swasta,””ujar drh Rini.

Ditambahkan olehnya, tim mahasiswa yang dibentuk dapat membantu secara teknis dalam tahap sebelum dan saat operasi sebagai pendamping dokter. Sterilisasi memiliki dampak positif untuk dapat meningkatkan kesehatan hewan agar lebih tenang dari agresif dan birahi, serta menghindari perkelahian dengan hewan yang lainnya.

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi Ketua PDHI drh,. H. Aminuddin Zainuddin, Ketua Prodi Kedokteran Hewan Dr. drh Dwi Kesuma Sari, ApVet, Ketua Panitia drh. Dian Fatmawati, M.Biomed., serta Direktur RSHP drh. A. Magfira Satya Apada, M.Sc. (rls)

The post Hindari Penelantaran, PSKH Unhas Gelar Sterilisasi Anjing dan Kucing appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version