Hima BK FIP UNM Optimalisasi Layanan Guru BK
axel wiryanto
Tuesday, 08 August 2023 12:30 pm
dibaca 95 kali

MAKASSAR, BKM — Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Hima BK FIP UNM) sukses melaksanakan seminar dan workshop yang mengusung tema Optimalisasi Layanan Profesional Guru BK Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan ini berlangsung, Sabtu, 5 Agustus 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Enrekang.
Ketua Panitia Rangga Aditya Nugraha yang akrab disapa Rangga, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Bakti Sosial Hima BK FIP UNM periode 2023-2024 yang terbagi atas dua agenda, yakni seminar dan workshop. Sebanyak 70 peserta mengikuti kegiatan ini. Mereka barasal dari Kabupaten Enrekang dan sekitarnya.

Untuk seminar mengusung materi tentang nilai filosofis peluang dan tantangan guru BK dalam kurikulum merdeka. Empat narasumber diundang dalam kegiatan ini, masing-masing Erni Marlina, M.Pd (Ketua MGBK SMK Provinsi Sulawesi Selatan dan Guru BK SMK 7 Makassar), Dr. Sahril Buchori, M.Pd (Ketua Prodi Program Pascasarjana Bimbingan dan Konseling UNM), Muhammad Junaedi Mahyuddin, S.Pd., M.Pd (Ketua PC Abkin Enrekang dan Ketua Prodi Bimbingan dan Konseling Unimen), serta Subran, S.Pd., M.Pd (Sekretaris MGBK SMA Kabupaten Enrekang dan Guru BK SMAN 5 Enrekang).
Sementara untuk kegiatan workshop mengundang tiga pemateri, yakni Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd (Wakil Sekretaris 2 PD Abdkin Sulsel dan dosen BK FIP UNM) yang membahas materi tentang asesmen diagnostik non-kognitif. Dr. Suciani Latif, M.Pd (Sekretaris PD Abkin Sulsel dan dosen Bimbingan dan Konseling FIP UNM) membawakan materi penyusunan media BK sebagai layanan berdiferensiasi. Selanjutnya, Edil Wijaya Nur, S.Pd, Gr (Ketua PC Abkin Sidrap, Ketua MGBK SMA Kabupaten Sidrap dan anggota Departemen Diklat dan Penguatan Kapasitas SDM PD Abdkin Sulsulsel) dengan materi tentang perancangan project based learning bimbingan dan konseling.
Ketua Umum Hima BK FIP UNM periode 2022-2023 Akbar Gibran Yusri, mengatakan seminar dan workshop ini dilaksanakan dengan harapan setiap guru BK di Kabupaten Enrekang dan sekitarnya dapat mengoptimalisasikan pemberian layanan BK sebagai implementasi kurikulum merdeka demi terwujudnya guru BK yang profesional di bidangnya. (rls)

The post Hima BK FIP UNM Optimalisasi Layanan Guru BK appeared first on Berita Kota Makassar.

source