Harga Cabai Naik Menjadi Rp40.000 per Kilogram
axel wiryanto
Monday, 17 April 2023 13:27 pm
dibaca 404 kali

Syahrul (21), salah seorang pedagang sayur menyebutkan, untuk harga beberapa sayur itu dan rempah ada yang mengalami penurunan. Ada juga yang masih sama dengan awal Ramadan.

Namun untuk lombok keriting, kata Syahrul, mengalami kenaikan dari hari biasanya.

“Untuk cabai rawit sekarang naik menjadi Rp40.000 per kilo, dari sebelumnya Rp32.000 per kilonya,” ungkapnya, Minggu (16/4).

Ia melanjutkan, untuk harga cabai keriting itu juga mengalami kenaikan yang sebelumnya itu masih dibanderol dengan harga Rp20.000 per kilogram untuk saat ini itu berkisar Rp30.000 per kilogram.
“Untuk bawang merah itu Rp35.000 per kilonya. Harga itu bertahan sejak awal Ramadan dan bawang putih masih Rp22.000 per kilo,”sebutnya.

Renaldi (24), pedagang sayur di Pasar Maricayya Makassar, mengatakan saat ini untuk harga rempah seperti cabai keriting yang mulai meningkat itu karena dalam kurun waktu satu minggu terkahir permintaan pasarnya meningkkat.

“Baru seminggu ini mulai banyak cari kalau cabai keriting, pasokan aman karena jumlah barang yang saya sediakan itu sama (konsisten),” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Kemal Redindo Putra Syahrul mengatakan, bawang putih di Sulsel lebih berorientasi pada importasi.

Hal ini dikarenakan kualitas bawang yang berbeda.

Kata dia, bawang putih lokal ukurannya lebih kecil dan tidak tahan lama. Berbeda dengan bawang importasi.

Belum lagi di Sulsel, tidak banyak daerah yang memasok bawang putih.

“Bawang putih lebih banyak berorientasi pada importasi sebenarnya. Kalau di Sulsel ada satu dua daerah pemasok.

Tetapi tidak mencukupi kebutuhan kita. Maka perlu dilakukan pengambilan dari luar,” sebutnya Kamis, (13/4) lalu.

Ketersediaan bawang putih untuk bulan April 2023, diperkirakan ketersediaannya mencapai 1.627 ton dan perkiraan kebutuhan 1.168 ton.

Artinya, hanya 459 angka surplusnya.

Lanjut, ia menyampaikan hukum ekonomi kenaikan harga kebutuhan dihari raya untuk tahun ini diharapkan tidak terlalu melonjak.

“Sekarang kan Sulsel bisa dibilang pangan serba tersedia.

Hanya saja distribusinya sangat perlu dijaga,” ucap Kemal Redindo Putra Syahrul.

Ia memastikan, Sulsel tidak terkendala dalam hal stok karena cukup banyak pasokan dari wilayah lain. Karena menurutnya, distribusi bawang di Sulsel sejauh ini cukup lancar.

(jun)

The post Harga Cabai Naik Menjadi Rp40.000 per Kilogram appeared first on Berita Kota Makassar.

source