Gubernur Sulsel Lepas Ekspor Perdana Produk Unggulan DSA Senilai Rp6,5 M
axel wiryanto
Tuesday, 16 August 2022 04:47 am
dibaca 223 kali

MAKASSAR, BKM — Astra mengadakan seremoni ekspor produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra (DSA), yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone. Produk yang di ekspor berupa hasil perikanan, rumput laut, dan minyak nilam.

Pelepasan produk unggulan senilai Rp6,5 miliar ini dilakukan di kawasan Pergudangan Garuda, Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (12/8). Pelepasan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Syahrul, Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan RI, Merry Maryati, Staf Khusus Wakil Presiden RI, Dhika Yudhistira, Chief of Corporate Human Capital Development Astra, Aloysius Budi Santoso, Koordinator Grup Astra Wilayah Sulawesi Selatan, Suhardi, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan, Muhammad Ilyas.

Ekspor ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menambah devisa negara, khususnya di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kegiatan ini menjadi perwujudan dari kinerja ekspor nasional yang merupakan salah satu penguat dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Dari pelepasan produk unggulan tersebut, tercatat DSA Wakatobi mengekspor 27 ton rumput laut senilai Rp450 juta dengan tujuan negara Cina dan produk perikanan sebanyak 14 ton senilai Rp1,4 miliar untuk dikirim ke Amerika. Selain itu, produk minyak nilam dari DSA Bombana dan DSA Bone sebanyak 12 ton senilai Rp4,7 miliar juga dikirim dengan tujuan pasar ekspor ke India dan Pakistan.
Seremoni ekspor produk unggulan ini merupakan bagian dari Festival Kewirausahaan Astra tahun 2022 yang mengangkat tema ‘Building Resilience through SMEs & Local Village Product of Indonesia’.

The post Gubernur Sulsel Lepas Ekspor Perdana Produk Unggulan DSA Senilai Rp6,5 M appeared first on Berita Kota Makassar.

source