Gowa Raih Peringkat BB SAKIP 2024
axel wiryanto
Saturday, 05 October 2024 00:39 am
dibaca 10 kali

GOWA, BKM — Berdasarkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima penghargaan dengan kategori naik peringkat dari B ke BB.
Penghargaan hasil evaluasi SAKIP 2024 ini diserahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada kegiatan SAKIP Award 2204 yang digelar di Grand Ballroom Birawa, Hotel Bidakara Jakarta, Rabu siang (2/10).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan hadir langsung menerima penghargaan SAKIP tersebut yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI, Abdullah Azwar Anas.
Penghargaan SAKIP ini menjadi penghargaan ke 231 yang diraih Pemkab Gowa selama dua periode kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan bersama Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gowa.

Usai menerima penghargaan tersebut, Adnan mengatakan, penghargaan ini berkat kerja bersama seluruh SKPD lingkup Pemkab Gowa dalam menciptakan pemerintahan yang akuntabel, transparan serta berorientasi pada pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.
”Saya bersyukur karena Gowa satu-satunya kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang menerima penghargaan SAKIP Predikat BB tahun 2024 ini,” kata Adnan.
MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas, pada SAKIP Award tersebut mengatakan, capaian SAKIP dalam 10 tahun terakhir atau periode 2014 hingga 2023 menunjukkan tren yang positif. Pergerakan positif ini terlihat dengan perbaikan tata kelola pemerintahan dan peningkatan akuntabilitas kinerja.

Dikatakan Abdullah, pemerintah daerah dengan SAKIP predikat AA yang sebelumnya hanya diterima satu pemerintah daerah dan di tahun 2024 ini menjadi tiga pemerintah daerah.
Untuk SAKIP predikat BB yang sebelumnya diterima hanya 74 pemerintah daerah, kini menjadi 87 pemerintah daerah, salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten Gowa Provinsi Sulsel.
”Ini menggambarkan komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang lebih transparan dan berorientasi hasil,” kata MenPAN-RB.
Terpisah, Kabag Organisasi Setkab Gowa, Taufik, mengatakan, pencapaian ini tidak terlepas dari komitmen Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa untuk menciptakan pemerintahan yang akuntabel, transparan, serta berorientasi pada pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

”Penilaian SAKIP ini dilaksanakan setahun sekali yang lokus aspek penilaiannya adalah perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja yang melibatkan seluruh OPD yang ada di Pemkab Gowa. SAKIP Gowa memperoleh nilai B sejak 2018 dan pada 2023 serta 2024 mengalami peningkatan yang signifikan yakni memperoleh predikat BB. Predikat ini yang pertama di Sulsel bahkan capai Gowa melampaui beberapa kabupaten kota lainnya,” kata Taufik. (sar)

source