Site icon ROVINDO

Gowa Optimis Turunkan Angka Prevalensi Stunting

GOWA, BKM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama USAID ERAT melakukan coaching klinik pengisian Webmon (Web Based Monitoring) yang merupakan program penanganan stunting di Kabupaten Gowa.
Kegiatan coaching klinik ini dilaksanakan di Hotel Aston Makassar, Selasa (7/2) hingga Rabu (8/2). Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni selaku ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Gowa.

Dalam coaching klinik pengisian Webmon tersebut, Rauf mengatakan, coaching ini sebagai alat bantu untuk memantau pelaksanaan dan pelaporan delapan aksi konvergensi yang dilaksanakan di semua kabupaten kota di Sulsel termasuk di Gowa.
”Kita harus mendukung penuh program USAID ERAT ini dengan melakukan penguatan kolaborasi lintas sektor melalui bantuan pengisian Webmon program stunting ini. Kita harus akui bahwa pemerintah kabupaten harus melakukan intervensi dalam penanganan stunting yang sifatnya intervensi spesifik maupun sensitif,” kata Rauf.

Dalam coaching yang dihadiri seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa serta dari pihak USAID ERAT ini, Wakil Bupati Gowa mengharapkan adanya sinergitas yang baik antar stakeholder baik dari pemerintah maupun non pemerintah.
”Kita harapkan setelah kegiatan coaching ini kapasitas peserta dapat meningkat dalam penginputan data stunting secara benar dan sistematis serta penguatan komitmen OPD (organisasi pemerintah daerah) dalam penginputan delapan aksi konvergensi tersebut,” papar Rauf.
Rauf mengungkapkan, stunting merupakan salah satu permasalahan yang menjadi fokus pemerintah pusat hingga daerah. Perhatian yang serius dari seluruh pihak sangat dibutuhkan, karena ini sangat berkaitan erat dengan kualitas sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Gowa dimasa akan datang.
Pemerintah pusat menargetkan pada tahun 2024 angka stunting secara nasional sebesar 14 persen. Sementara khusus di Kabupaten Gowa, kata Rauf, posisi penurunan stunting berada di angka 33 persen. Olehnya itu, dirinya berharap sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak dalam penurunan angka stunting.

The post Gowa Optimis Turunkan Angka Prevalensi Stunting appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version